Ankara (ANTARA News) - Turki mulai membangun tembok keamanan di sepanjang perbatasan negara itu dengan Iran, menurut keterangan pejabat daerah setempat, Selasa (8/8), yang ditujukan untuk menghentikan pergerakan pemberontak Kurdi.

Foto-foto yang diunggah di situs gubernur Provinsi Agri, Turki timur menunjukkan tiang beton sedang dipasang di sepanjang perbatasan.

Otoritas Turki mengumumkan pembangunan pagar perbatasan sepanjang 144 kilometer pada Mei silam sebagai upaya menghalangi pergerakan kelompok terlarang Partai Pekerja Kurdistan (PKK). Perbatasan antara Turki dan Iran memiliki panjang sekitar 500 kilometer.

PKK, yang mengobarkan pemberontakan di Turki sejak 1980-an, dianggap sebagai kelompok teroris oleh Ankara dan negara-negara Barat.

Untuk meningkatkan keamanan di perbatasan dengan Suriah, Turki juga membangun tembok serupa dua tahun silam guna mencegah ekstremis ISIS bergerak dengan leluasa melintasi perbatasan dan untuk memberantas keluar masuk perbatasan secara ilegal, demikian dilansir AFP. (ab/)

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2017