Jakarta (ANTARA News) - Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman mengatakan Indonesia akan mengekspor beras ke tiga negara kepulauan yang terletak di Samudera Pasifik, yakni Republik Kepulauan Fiji, Samoa dan Republik Vanuatu.

"Harga beras mereka Rp23.000 kurang lebih 2 dolar AS per kilogram, kami tawarkan 1 dolar dan mereka bersedia," kata Amran usai pertemuan dengan Menteri Pertanian dari Fiji, Samoa dan Vanuatu di Kementerian Pertanian, Jakarta, Rabu.

Beras yang akan dieskpor ke tiga negara tersebut akan diambil dari hasil panen di Merauke, kata Amran.

Di sisi lain, Indonesia juga memberikan bantuan dengan mengirimkan ahli holtikultura untuk meningkatkan pertanian di negara tersebut. 

Pertemuan itu dihadiri oleh Menteri Pertanian, Pedesaan, Pembangunan Maritim dan Pengelolaan Bencana Nasional Fiji Inia Batikoto Seruiratu, Menteri Pertanian dan Perikanan Samoa Leuatea Polataivao Fossie Schmidt Laauli dan Menteri Pertanian, Peternakan, Kehutanan, Perikanan dan Keamanan Hayati Republik Vanuatu Seremaia Matai Nawalu.

Ketiga perwakilan negara itu membicarakan peningkatan kerja sama di bidang pertanian dengan Indonesia serta pelatihan peningkatan kapasitas petani dan petugas pertanian.

Video:



(Baca: Kementan pastikan tak ada impor beras)

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2017