Selasa, 17 Oktober 2017

Jokowi berniat titipkan koleksi keris di museum

| 5.135 Views
Jokowi berniat titipkan koleksi keris di museum
Presiden meresmikan pembukaan Museum Keris Nusantara di Surakarta, Jawa Tengah, Rabu (9/8/2017). (ANTARA News/Bayu Prasetyo)
Nanti saya pilihi, yang baik-baik. Nanti saya antar langsung ke Pak Wali Kota. Mungkin saya mau, saya kirim, satu, dua, tiga, lima lah
Surakarta, Jateng (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo menyampaikan niatnya untuk menitipkan beberapa koleksi keris miliknya ke Museum Keris Nusantara Surakarta.

"Nanti saya pilihi, yang baik-baik. Nanti saya antar langsung ke Pak Wali Kota. Mungkin saya mau, saya kirim, satu, dua, tiga, lima lah," kata Jokowi ditemui usai meresmikan pembukaan museum di Surakarta pada Rabu.

Menurut Jokowi, dirinya mengoleksi keris yang sesuai dengan minat dan kesenangannya.

Presiden mengatakan keris memiliki nilai-nilai dan filosofi budaya yang beragam.

Kepala Negara juga mengajak masyarakat untuk menjaga dan merawat nilai-nilai tradisi bangsa dan budaya sebagai kekuatan Indonesia.

"Kita harus, dan menjadi kewajiban kita untuk merawat, menjaga nilai-nilai tradisi, budaya, yang berkaitan dengan apapun yang kita miliki," ujar Presiden.

Sementara itu dalam sambutan pembukaan Museum Keris Nusantara, Jokowi juga mengatakan sejumlah pimpinan negara lain bahkan mengagumi keris sebagai warisan budaya, sebagaimana telah ditetapkan oleh UNESCO pada 2005.

Kepala negara, seperti Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dan Presiden Rusia Vladimir Putin, juga sempat memamerkan koleksi keris milik mereka kepada Presiden Jokowi saat melakukan pertemuan bilateral.

"Nilai-nilai, filosofi-filosofi yang ada di keris itulah yang menyebabkan mereka kagum," tambah Jokowi.

Sejumlah pejabat yang mendampingi Presiden dalam acara itu antara lain Wali Kota Surakarta FX Rudyatmo, Kepala Staf Presiden Teten Masduki dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Sebanyak 409 koleksi senjata tradisional warisan budaya Indonesia dipamerkan di museum yang terletak di kawasan budaya Sriwedari Jalan Bhayangkara No 2, Surakarta.

(Baca: Presiden resmikan Museum Keris Nusantara, lestarikan budaya)

Editor: Fitri Supratiwi

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Berita Lainnya
Komentar Pembaca
Baca Juga