Kamis, 19 Oktober 2017

MPR siapkan pelaksanaan sidang tahunan

| 3.349 Views
MPR siapkan pelaksanaan sidang tahunan
ILUSTRASI (ANTARANews.com/ferly)
Jakarta (ANTARA News) - Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI menyiapkan penyelenggaraan sejumlah agenda kegiatan tahunan yang berlangsung sepanjang Agustus yang berdekatan dengan peringatan Hari Kemerdekaan RI termasuk Sidang Tahunan MPR RI.

Sekretaris Jenderal MPR RI Maruf Cahyono dalam keterangan pers di Jakarta, Rabu, menjelaskan selain penyelenggaraan Sidang Tahunan MPR RI yang diselenggarakan pada 16 Agustus mendatang, juga akan dilaksanakan peringatan Hari Konstitusi dan peringatan hari jadi MPR RI pada 29 Agustus.

Maruf menjelaskan kegiatan Sidang Tahunan MPR tersebut merupakan mandat dari peraturan Tata Tertib MPR Nomor 1 Tahun 2014 yang menyebutkan MPR memfasilitasi penyelenggaraan Sidang Paripurna.

MPR memfasilitasi Sidang Paripurna untuk lembaga-lembaga negara dalam menyampaikan laporan kinerja kepada masyarakat.

Oleh karena itu, menurutnya, Sidang Tahunan ini sangat strategis karena pada sidang paripurna tersebut seluruh kinerja lembaga negara disampaikan ke masyarakat meski saat ini formatnya masih berupa kinerja lembaga-lembaga negara yang disampaikan oleh Presiden dalam bentuk pidato kenegaraan.

Berikutnya, terkait peringatan hari konstitusi, dijadwalkan akan dihadiri oleh Presiden dan pimpinan lembaga negara dengan agenda mendengarkan pidato presiden terkait peringatan tersebut.

Sementara kegiatan lainnya adalah peringatan ke-72 hari lahir MPR RI. Ada sejumlah kegiatan terkait peringatan lahir MPR RI.

Maruf mengharapkan pelaksanaan sidang tahunan dapat berjalan dengan lancar dan laporan kinerja lembaga negara akan tersampaikan dengan baik kepada masyarakat.

"Setjen MPR jauh-jauh hari telah mempersiapkan Sidang Tahunan ini sejak dua bulan sebelumnya. Fokus agar penyelenggaraan sidang berlangsung dengan sukses," katanya.

Persiapan penyelenggaraan sidang tahunan, menurut Sekjen MPR RI meliputi koordinasi penyelenggaraan waktu, pengamanan dan koordinasi publikasi mengingat akan ada tiga sidang yang berlangsung dalam satu hari yang sama.

Selain Sidang Tahunan MPR RI, juga akan diselenggarakan sidang bersama DPR dan DPD serta sidang DPR terkait dengan penyampaian nota keuangan RAPBN 2018.

Editor: Tasrief Tarmizi

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Berita Lainnya
Komentar Pembaca
Baca Juga