Bantul (ANTARA News) - Penampilan dari Samifati, duo asal Prancis memeriahkan Panggung Mak Byarr dalam perhelatan Festival Kesenian Yogyakarta 29 pada hari ke-12 yang digelar di komplek Planet Pyramid Jalan Parangtritis, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

"Panggung Mak Byarr di helat FKY 29 terasa istimewa, sebab menghadirkan penampilan dari Samifati (Prancis) duo asal Prancis," kata koordinator Panggung Mak Byarr Adi Adriandi di Yogyakarta, Rabu.

Menurut dia, duo asal Prancis itu bakal mengajak penonton panggung FKY 29 berjalan menyusuri seluruh indera dengan aransemen biola, suara bass serta melodi yang mendayu.

"Perjalanan menyusuri semesta pertunjukan yang indah serta indah adalah sebuah hal yang dijanjikan oleh Samifati di atas panggung. Kabarnya aransemen yang ditampilkan Samifati terinspirasi dari berbagai macam musik tradisional dari seluruh belahan bumi," katanya.

Adi mengatakan, di atas panggung tersebut akan ditampilkan beberapa pertunjukan dari Anterdans, Gaung Jagat Ensemble, Didik Nini Thowok, dan pertunjukan video dari Jogjakarta Video Mapping Project (JVMP).

"Panggung Mak Byarr adalah sebuah panggung pertunjukan musik dan tari yang dikemas apik, dengan tata panggung, sound dan lighting yang terkonsep," katanya.

Di antara para penampil nantinya, kata dia, ada pertunjukan Tari Jepindo Bali Topeng Walangkekek yang merupakan hasil kolaborasi antara tradisi tari Jepang dan Indonesia.

"Dalam pertunjukan tari yang geraknya dirancang Didik Nini Thowok, akan memadukan unsur-unsur gerak komedi yang sudah lama dikenal sebagai ciri khas Didik. Mengambil sumber dari tarian tradisi yang ditonjolkan adalah permainan topeng dari dua," katanya.

Adapun FKY 29 pada Rabu (9/8) telah memasuki hari ke-12 dengan total pengunjung sekitar 68.900 orang. Antusiasme pengunjung terlihat di sejumlah agenda kegiatan seperti pasar seni, pameran perupa muda, Panggung Senyap, lomba dan workshop, panggung pasar seni, maupun beberapa agenda yang sudah dilangsungkan seperti bioskop FKY.

Selain program teater, FKY 29 masih akan melangsungkan beberapa agenda kegiatan lain seperti pertunjukan wayang kulit pada 12 Agustus. Namun agenda yang patut dinanti adalah Panggung Mak Byarr.

(Baca: Gunung Kidul gelar Festival Kesenian Yogyakarta 2017)

Pewarta: Heri Sidik
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2017