Tabanan, Bali (ANTARA News) - Pemerintah Kabupaten Tabanan melepas seribu tukik di Pantai Pengasahan, Desa Lalanglinggah, Kecamatan Selemadeg Barat, Jumat.

Ketua panitia kegiatan tersebut, Made Subagia, mengatakan kegiatan pelepasan anak penyu rutin dilakukan setiap tahun, namun pelepasan kali ini dimasukkan dalam rangkaian peringatan ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia.

Tukik yang dilepas ke perairan bebas tahun ini merupakan sumbangan dari Gede Sastra Kemala Putra, yang punya kepedulian sangat besar pada pengembangan dan pelestarian penyu yang dilindungi undang-undang.

"Sampai tahun 2016 sudah 4.000 ekor tukik yang dilepas ke perairan umum dan hari ini ditambah 1.000 sumbangan dari Gede Sastra Kemala Putra, seorang pencinta lingkungan dari desa setempat. Ia dengan tekun dan teliti merawat penyu hingga melepaskan tukik hasil pengembangbiakan ke perairan umum," kata Made Subagia.

Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti mengapresiasi kegiatan itu.

"Kegiatan itu agar dapat dilanjutkan untuk melestarikan keberadaan penyu di Tabanan yang sedikit demi sedikit mulai punah," katanya.

Ia juga mengimbau seluruh warga agar senantiasa menjaga kebersihan pantai karena keberadaan sampah laut selalu menjadi masalah bagi kelangsungan hidup penyu serta fauna dan flora laut lain.

Pewarta: Pande Yudha dan Gembong Ismadi
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2017