Jakarta (ANTARA News) - Kesebelasan Persiba Balikpapan resmi tidak dapat lagi menggunakan Lapangan Parikesit yang segera dibongkar untuk keperluan pengembangan kilang Balikpapan. Namun Persiba sudah memiliki markas baru yaitu Stadion Batakan yang disediakan oleh Pemerintah Kota Balikpapan.

"Tanpa mengurangi dukungan Pertamina Balikpapan kepada Persiba, kami meminta Persiba untuk mengosongkan lapangan Parikesit paling lambat tanggal 10 Agustus 2017 karena kami tidak dapat lagi menunda penggunaan lapangan Parikesit. Kami yakin pengurus Persiba sudah mengantisipasi hal ini karena di surat Perjanjian yang ditandatangani kedua pihak sudah dinyatakan bahwa sewaktu-waktu Pertamina akan menggunakan atau membongkar stadion Parikesit, Persiba akan segera meninggalkan lapangan tersebut." kata Area Manager Communication and Relations Pertamina Kalimantan, Alicia Irzanova dalam keterangannya kepada wartawan.

"Dalam surat-surat permohonan peminjaman pun Persiba selalu menyebutkan bahwa pihaknya memahami bahwa Pengembangan kilang adalah proyek strategis nasional yang menyangkut pemenuhan kebutuhan energi nasional," lanjut Alicia

Sebenarnya seharusnya sudah dari awal tahun 2017 Persiba meninggalkan lapangan Parikesit sesuai dengan waktu yang diberikan Pertamina.

Persiba sempat bermarkas di Gajahyana Malang dikarenakan markas barunya, Stadion Batakan belum diresmikan. 

Terakhir, Persiba kembali meminjam lapangan Parikesit dari Pertamina dengan kesepakatan peminjaman sampai dengan 30 Juni 2017. 

Peminjaman tersebut sebenarnya cukup beresiko karena di dalam kesepakatan yang ditandatangani oleh Ketua Umum Persiba, H.Syahril HM Taher, disebutkan bahwa apabila sewaktu-waktu Pertamina akan membongkar lapangan Parikesit, Persiba bersedia untuk meninggalkan lapangan tersebut.

Dijadwalkan Persiba akan menjamu dua lawannya di Gojek Traveloka Liga 1 yaitu PSM pada 13 Juli 2017 dan Persela pada 23 Juli 2017.

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2017