Selasa, 24 Oktober 2017

Kabel Palapa Ring Barat dipasang di Ranai

| 3.601 Views
Kabel Palapa Ring Barat dipasang di Ranai
Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara, saat menghadiri peresmian penggelaran kabel optik bawah laut Palapa Ring Barat dari atas Kapal Limin Venture di Perairan Batam, Kepulauan Riau, Minggu (6/8/2017). (ANTARA News/HO/Humas Kemenkominfo)
Tanjungpinang (ANTARA News) - Pemasangan kabel fiber optik Palapa Ring sudah memasuki perairan Ranai, Natuna, Kepulauan Riau, dan diperkirakan tuntas dalam waktu dekat.

Kepala Dinas Informasi dan Komunikasi Kepri, Guntur Sakti, mengatakan pemasangan kabel fiber optik untuk Palapa Ring yang ditargetkan selesai tahun 2018 dipercepat menjadi Desember 2017.

"Untuk di wilayah Kepri tidak mengalami hambatan, kecuali di Lingga, karena faktor geografis. Beberapa pulau di Lingga, seperti Berhala lebih dekat dengan Jambi, sedangkan Pulau Pekajang berdekatan dengan Bangka Belitung," ujarnya di Tanjungpinang, Jumat.

Guntur mengatakan pemasangan kabel optik di perairan Kepri sudah mencapai 70 persen. Kabel optik disebarkan pada kedalaman sekitar 200 meter.

"Yang paling penting, jangan sampai terkena jangkar kapal," katanya.


Pemasangan kabel optik di Kepri, kata dia dimulai dari Batam, kemudian menyebar ke perairan lainnya. Setelah selesai memasang kabel optik di Natuna, perusahaan yang menangani proyek itu melanjutkan ke Singkawang.

"Pemasangan fiber kabel optik Palapa Ring dilakukan dari timur Indonesia menuju wilayah barat," ucapnya.

Ia mengemukakan Palapa Ring merupakan proyek infrastruktur telekomunikasi berupa pembangunan serat optik di seluruh Indonesia sepanjang 36.000 kilometer. Proyek itu terdiri atas tujuh lingkar kecil serat optik yakni wilayah Sumatra, Jawa, Kalimantan, Nusa Tenggara, Papua, Sulawesi, dan Maluku, dan satu "backhaul" untuk menghubungkan semuanya.

"Pembangunan jaringan serat optik nasional, yang akan menjangkau 440 kota dan kabupaten di seluruh Indonesia. Proyek Palapa Ring ini akan mengintegrasikan jaringan yang sudah ada dengan jaringan baru pada wilayah timur Indonesia (Palapa Ring-Timur," terangnya.

Editor: Gilang Galiartha

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Berita Lainnya
Komentar Pembaca
Baca Juga