Bandung (ANTARA News) - Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar mengajak seluruh anggota yang sudah memiliki hak pilih agar bisa menggunakan hak pilihnya tersebut dan ajakan ini disampaikannya karena terkait dengan pelaksanaan Pilkada Serentak 2018.

"Terkait dengan gelaran Pilkada Serentak Tahun 2018 dan Pemilu Tahun 2019 mendatang, kakak juga mengharapkan Kwarda Jawa Barat dapat kembali terlibat dalam pengawasan partisipatif, khususnya bagi anggota Penegak dan Pandega yang telah masuk dalam kategori Pemilih Pemula," kata Deddy Mizwar, di Bandung, Jumat.

Ajakan tersebut diutarakan oleh dirinya saat melepas  623 orang peserta dan 55 orang pimpinan kontingen Pramuka yang menjadi peserta Raimuna Nasional XI Tahun 2017 asal Jawa Barat di Aula Barat Gedung Sate Bandung.

Selain itu, ia juga meminta agar anggota Pramuka yang telah memiliki hak pilih untuk aktif dalam mengawasi gelaran pesta demokrasi tersebut.

Pada kesempatan tersebut, Wagub Jabar mengaku bangga karena kontingen asal Jabar akan menampilkan Festival Kentongan dalam pembukaan Raimuna Nasional XI pada Senin, 14 Agustus 2017, yang akan diikuti oleh seluruh peserta dari 34 provinsi.

Menurut dia, seiring dengan semangat revitalisasi Gerakan Pramuka, Kwarda Jawa Barat harus lebih giat dan menjadi yang terdepan di tingkat nasional, dengan terus meramu progam-program kepramukaan yang gaul, keren, dan up to date, kreatif dan inovatif, serta asyik, gembira dan menyenangkan, dan berorientasi kecakapan dalam Satuan Karya masing-masing.

"Jadi mengikuti gerakan Pramuka janga merasa tersiksa," kata dia.

Kontribusi lain yang bisa dilakukan anggota Pramuka, lanjut dia, adalah melalui pengembangan tagline baru Gerakan Pramuka saat ini yaitu "Setiap Pramuka adalah Kantor Berita".

"Diharapkan gerakan ini bisa mendorong seluruh Anggota Pramuka untuk menjadi agen-agen pendidikan literasi media secara sehat dan produktif. Dengan cara aktif menyebarluaskan pesan-pesan yang bermanfaat, memerangi berita palsu, fitnah, dan ujaran kebencian," kata dia.

Sementara itu, Presiden RI sebagai Ketua Majelis Pembimbing Nasional Gerakan Pramuka, Kakak Joko Widodo dijadwalkan akan membuka secara langsung Raimuna Nasional XI Tahun 2017.













Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017