Sabtu, 19 Agustus 2017

Mahasiswa berkebutuhan khusus unjuk kebolehan mengetik cepat

| 2.150 Views
Mahasiswa berkebutuhan khusus unjuk kebolehan mengetik cepat
Dokumentasi: Seleksi Mahasiswa Difabel Pengawas ujian membacakan soal psikotes kepada peserta penyandang tuna netra dalam Seleksi Penerimaan Khusus Penyandang Difabel (SPKPD) di Universitas Brawijaya, Malang, Jawa Timur. (ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto) ()
Jakarta (ANTARA News) - Sebanyak 40 mahasiswa berkebutuhan khusus unjuk kebolehan mengetik cepat dan disain logo yang diadakan Lions Club Jakarta Monas Kalingga bekerja sama dengan Universitas Politeknik Negeri Jakarta, agar masyarakat mengetahui potensi yang dimiliki mereka.

"Kegiatan ini juga dimaksudkan agar para orangtua yang punya anak berkebutuhan khusus, tidak berkecil hati. Karena, meskipun berkebutuhan khusus, mahasiswa juga memiliki potensi luar biasa yang tidak dimiliki orang lain. Salah satu buktinya mereka mampu mengikuti pendidikan hingga jenjang perguruan tinggi," kata Vice President Lions Club Jakarta Monas (LCJM) Kalingga Periode 2017-2018 Suzi Marsita dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat.

Kegiatan yang diselenggarakan dalam rangka "Centenial Service Challenge - Worldwide Week Of Service For Youth" ini diikuti 40 mahasiswa berkebutuhan khusus dari semester empat hingga semester enam.

Lomba disain terdiri dari babak penyisihan mendisain logo Lions Club, untuk babak final mendisign logo LCJM Kalingga.

Sedangkan untuk lomba mengetik cepat, pada babak penyisihan mengetik profil Lion Club dalam bahasa Indonesia. Sementara di babak final berubah menjadi bahasa Inggris.

Menurut Suzi, selain untuk menyebarluaskan potensi mahasiswa berkebutuhan khusus kepada masyarakat, kegiatan ini juga diarahkan agar mereka lebih mengenal Lions Club sejak dini.

Vice President II LCJM Kalingga Yonkie Alwi menambahkan, kegiatan lomba yang diperuntukkan bagi mahasiswa berkebutuhan khusus ini merupakan yang pertama kali dengan masa persiapan kurang lebih satu minggu.

"Meskipun baru pertama dan hanya dipersiapkan dalam waktu seminggu, peminat lomba ini sangat banyak. Bahkan ada yang dari luar daerah," katanya.

Ke depan, lanjut Yonkie Alwi, LCJM Kalingga akan menyelenggarakan kegiatan lain yang melibatkan mahasiswa berkebutuhan khusus yakni artistik hingga drama musikal.

"Intinya, kita ingin menggali dan mengangkat potensi yang mereka miliki," tambahnya.

Firliyanti yang memiliki dua anak berkebutuhan khusus di Universitas Politeknik Negeri Jakarta menyambut kegiatan itu karena dapat menjadi pemicu semangat para anak-anak berkebutuhan khusus.

Dia berharap kegiatan seperti yang diselenggarakan LCJM Kalingga ini dapat diselenggarakan secara berkelanjutan, sehingga kesempatan bagi anak-anak berkebutuhan khusus untuk mengapresiasikan diri, dapat lebih terbuka lebar.

Lions Club merupakan suatu organisasi yang bergerak dalam kegiatan sosial dan mempunyai visi misi dalam meningkatkan kecerdasan bangsa dan melindungi keselamatan negara serta memberikan pelayanan secara sukarela, melalui keterlibatan masyarakat dan kerjasama Internasional.

(A025/R010)

Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar Pembaca
Baca Juga