Jumat, 18 Agustus 2017

Tiga rumah warga Mukomuko rusak akibat gempa

| 1.997 Views
Tiga rumah warga Mukomuko rusak akibat gempa
ilustrasi gempa bumi (ANTARA News/Ridwan Triatmodjo)
Tiga bangunan rumah yang rusak akibat gempa bumi tersebut tersebar di Kecamatan Malin Deman, Kecamatan Ipuh dan Sungai Rumbai
Mukomuko (ANTARA News) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, mencatat sebanyak tiga bangunan rumah warga setempat rusak akibat gempa bumi berkekuatan 6,6 Skala Richter yang mengguncang Kabupaten Bengkulu Utara, Minggu pagi.

"Tiga bangunan rumah yang rusak akibat gempa bumi tersebut tersebar di Kecamatan Malin Deman, Kecamatan Ipuh dan Sungai Rumbai," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mukomuko, Ramdani, di Mukomuko, Minggu.

Mayoritas warga di Kabupaten Mukomuko merasakan getaran cukup kuat dari gempa bumi berkekuatan 6,6 Skala Richter yang mengguncang Kabupaten Bengkulu Utara, Minggu pagi sekitar pukul 10.08 WIB.

Ia mengatakan, instansinya menerima laporan tiga bangunan rumah yang rusak akibat gempa bumi dari camat di wilayah tersebut.

Ramdani mengatakan, instansinya juga menerima dokumentasi bangunan rumah warga di tiga kecamatan tersebut yang mengalami kerusakan akibat gempa bumi di Kabupaten Bengkulu Utara.

"Konstruksi bangunan rumah warga yang rusak akibat gempa bumi sedikit lapuk sehingga bangunan rumah itu mudah rusak saat diguncang gempa bumi," ujarnya.

Ia mengatakan, tiga kecamatan tersebut berada tidak jauh dari pusat gempa bumi, sehingga getaran gempa yang dirasakan warga di wilayah tersebut lebih kencang dibandingkan kecamatan lain.

Ia menyatakan, kemungkinan masih ada lagi penambahan jumlah bangunan rumah warga di tiga wilayah tersebut yang rusak akibat gempa bumi yang mengguncang Kabupaten Bengkulu Utara.

Berdasarkan informasi dari BMKG, gempa bumi berkekuatan 6,6 SR itu terjadi tanggal 13 Agustus 2017 sekitar pukul 10.08 WIB lokasi 3.75 LS, 101.56 BT kedalaman 10 kilometer.

Editor: Fitri Supratiwi

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Berita Lainnya
Komentar Pembaca
Baca Juga