Sambil jalan sehat, masyarakat disuguhkan pen"
Jakarta (ANTARA News) - Menjelang hari ulang tahun (HUT) ke-72 Republik Indonesia (RI), PT Pupuk Indonesia (Persero) sebagai koordinator pelaksanaan program Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Hadir Untuk Negeri menggelar acara jalan sehat #ayoberjalan dalam rangkaian BUMN Hadir untuk Negeri 2017.

Acara tersebut juga diikuti oleh empat perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) lainnya, yaitu PT Kawasan Berikat Nusantara (Persero), PT Sarinah (Persero), PT Jakarta Industrial Estate Pulogadung (Persero), dan  PT Perusahan Pengelolaan Aset (Persero), Minggu (13/8).

"Sebagaimana telah dicanangkan oleh Menteri BUMN Rini Soemarno dalam dua tahun terakhir ini, dalam Program BUMN Hadir untuk Negeri, tujuannya selain untuk mendekatkan diri kepada masyarakat, juga untuk mendapatkan aspirasi apa yang harus didukung oleh BUMN ke depannya," ujar Deputi Bidang Usaha Pertambangan, Industri Strategis dan Media Kementerian BUMN Fajar Harry Sampurno, dalam keterangan tertulis.

Ia menimpali, "Khususnya dalam peringatan 17 Agustus, di setiap provinsi di Indonesia, masing-masing perusahaan BUMN mendapatkan tugas untuk mengkoordinasi kegiatannya. Khusus di Jakarta, terdapat lima BUMN, yang dikoordinir oleh PT Pupuk Indonesia."

Kegiatan jalan sehat #ayoberjalan yang diselenggarakan pada Minggu, 13 Agustus 2017, di Sarinah, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, ini diikuti sekitar 5 ribu peserta, yang terdiri dari pegawai BUMN, juga masyarakat umum, 155 anak penyandang autis, peserta SMN, Komunitas Anak Jalanan, dan Komunitas Cosplay Nusantara.

Kegiatan jalan sehat yang dimulai pukul 06.00 WIB dengan lokasi start dari Gedung Sarinah, melintasi Bundaran Hotel Indonesia (HI), Patung Kuda, dan kembali ke Sarinah itu turut dimeriahkan kegiatan pengenalan budaya nusantara, seperti medley tarian nusantara, fashion show batik nasional, pembacaan puisi Bhinneka Tunggal Ika, Tabuh Kendang Nusantara, dan pentas seni musik.

Direktur Utama PT Pupuk Indonesia Aas Asikin Idat menjelaskan bahwa kegiatan BUMN Hadir untuk Negeri merupakan kali ketiga sejak dilangsungkan pertama kali pada 2015. Melalui kegiatan ini, Aas berharap BUMN dapat terus bersinergi agar kehadiran BUMN dapat dirasakan langsung oleh masyarakat.

"BUMN adalah agen pembangunan. Lewat kegiatan jalan sehat ini, Kementerian BUMN berupaya menumbuhkan dan memupuk rasa kebanggaan berbangsa dan bertanah air Indonesia kepada seluruh masyarakat," kata Aas.

Ia menambahkan, "Sambil jalan sehat, masyarakat disuguhkan pengenalan budaya Tanah Air. Indonesia merupakan negeri yang berlimpah kekayaan alam dan dihiasi keberagaman budaya."

Tak hanya menyelenggarakan kegiatan jalan sehat, program BUMN Hadir untuk Negeri memiliki berbagai rangkaian kegiatan lainnya, di antaranya program Siswa Mengenal Nusantara (SMN), Bedah Rumah Veteran, dan Upacara Peringatan HUT ke-72 RI.

Program lainnya yang dilakukan PT Pupuk Indonesia adalah Bedah Rumah Vetaran. Dalam program bedah rumah ini, sebanyak 48 orang veteran pejuang kemerdekaan di Provinsi DKI Jakarta dan Jawa Barat mendapatkan bantuan renovasi rumah.

Program Jalan Sehat #ayoberjalan juga dilaksanakan di 34 provinsi/kota/kabupaten. Melalui kegiatan ini, masyarakat diberikan edukasi dan diajak untuk menjadi cashless society dengan mengenalkan lebih jauh penggunaan uang elektronik (e-money) melalui kuis-kuis seputar BUMN

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2017