Saya Pramuka, saya Indonesia, saya Pancasila."
Jakarta (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta Gerakan Praja Muda Karana (Pramuka) melakukan terobosan inovatif dan selalu produktif dalam berkarya dalam mengantisipasi perubahan global.

"Walaupun usia gerakan Pramuka semakin bertambah, saya minta semangatnya harus tetap muda. Harus selalu produktif dalam berkarya, inovatif, kreatif, menjadi yang terdepan dalam menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan menjadi garda terdepan perubahan di negeri kita yang kita cintai ini," ujar Presiden, Senin.

Dalam Peringatan Hari Ulang Tahun ke-56 Pramuka di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta Timur, itu Presiden Jokowi sekaligus pembukaan perkemahan besar penegak dan pandega arau Raimuna XI/2017 oleh Kwartir Nasional Gerakan Pramuka.

Presiden berharap agar di usianya yang ke-56, semua Pramuka tetap bersemangat juang yang tinggi, dan harus berani melakukan terobosan dan tidak terjebak dalam rutinitas yang monoton, serta beradaptasi dengan perkembangan teknologi yang sedemikian cepatnya.

"Kita harus mendidik adik-adik Pramuka bukan saja latihan baris berbaris, cara membangun tenda, atau membuat simpul tali saja. Tapi, juga harus memandu adik-adik Pramuka dalam disiplin menggunakan media sosial yang positif dan produktif," ucapnya.

Gerakan Pramuka, menurut Presiden selaku Ketua Majelis Pembina Nasional (Mabinas) Gerakan Pramuka, dapat menjadi wadah kreativitas dalam menanamkan rasa bangga dan cinta kepada Tanah Air.

Untuk itu, Presiden menegaskan Pramuka harus meninggalkan pola pendidikan lama dan beralih kepada cara-cara terkini yang mampu mendekatkan diri kepada para pemuda masa kini.

"Kita harus meninggalkan pendekatan-pendekatan lama yang tidak pas digunakan untuk generasi saat ini. Sentuhlah rasa cinta, bangkitkan rasa bangga generasi muda pada tanah airnya sehingga benar-benar tertanam di dalam diri setiap anggota gerakan Pramuka," kata Presiden.

Oleh karena itu, Presiden menitipkan pesan kepada segenap anggota gerakan Pramuka di seluruh penjuru Tanah Air bahwa Pramuka Indonesia adalah Manusia Pancasila.

Presiden meminta agar Pramuka memegang teguh Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika demi kejayaan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

"Pancasila adalah dasar kita bernegara. Pancasila adalah pemersatu bangsa. Pancasila adalah rumah kita bersama. Saya Pramuka, saya Indonesia, saya Pancasila," demikian Presiden Joko Widodo.

(Baca: Presiden minta agar Pramuka jadi "kawah candradimuka" generasi muda)

(Baca: Presiden minta Pramuka jangan cuma dilatih tali-temali)

Pewarta: Hanni Sofia Soepardi
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2017