Jakarta (ANTARA News) - Pengurus Pusat Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PP PBVSI) optimistis target medali pada SEA Games 2017 Malaysia, 19-30 Agustus bisa tercapai mengingat persiapan yang dilakukan untuk menghadapi kejuaraan dua tahunan ini cukup bagus.

"Dari hasil uji coba saya optimis mampu mencapai target yang kita canangkan. Putra medali emas dan putri perak, syukur-syukur emas," kata Ketua Umum PP PBVSI Imam Sudjarwo dalam keterangan yang diterima media di Jakarta, Selasa.

Tim bola voli Indonesia secara resmi dilepas oleh Ketua Umum PP PBVSI di Padepokan Voli Jenderal Kunarto, Sentul, Bogor, Jawa Barat. Sesuai dengan rencana, tim bertolak ke Malaysia pada Sabtu (19/8).

Sebelum bertolak ke Negeri Jiran, tim bola voli Indonesia memang mempunyai modal yang bagus. Tim putra sukses menempati peringkat empat pada kejuaraan Asia senior di Gresik Jawa Timur, 24 Juli hingga 1 Agustus lalu. Ada 16 negara yang bersaing dikejuaraan ini.

Untuk tim putri persiapannya terbilang mentereng karena mampu menjadi runner up pada kejuaraan Piala VTV di Vietnam, 8-15 Juli. Anak asuh Risco Herlambang ini pada pertandingan final harus menyerah dari timnas mahasiswa Jepang.

Dengan persiapan yang cukup memadai ini, Imam Sudjarwo meminta kepada semua pemain untuk tidak terlalu besar kepala mengingat pada kejuaraan dua tahunan ini persaingan dipastikan bakal berlangsung dengan ketat.

"Hasil yang sudah dicapai sebelumnya jangan membuat kita lengah dan besar kepala. Dan, jangan pula terlalu percaya diri. Jika tertinggal, jangan patah semangat," kata mantan petinggi Polri itu.

Khusus untuk tim putra, Imam Sudjarwo memang sangat berharap Agung Seganti dan kawan-kawan mampu mengembalikan kejayaan Indonesia dengan mengembalikan tradisi meraih medali emas.

Pada SEA Games 2017, tim putri Indonesia satu grup bersama dengan Thailand dan Myanmar di Grup A. Sedangkan Grup A dihuni oleh tuan rumah Malaysia, Filipina dan Vietnam. Untuk pertandingan melawan Thailand dijadwalkan berlangsung 23 Agustus.

Sementara itu untuk tim putra tergabung di Grup B bersama Timor Leste, Filipina dan Vietnam. Sedangkan Grup A terdiri dari tuan rumah Malaysia, Thailand, Myanmar dan Kamboja. Pada laga perdana, timnas akan menghadapi Timor Leste, 21 Agustus mendatang.

Pewarta: Bayu K
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2017