London (ANTARA News) - Sebanyak 13 mahasiswa Meksiko peserta Darmasiswa dengan antusias akan belajar bahasa Indonesia, seni batik, seni kerajinan, dan wisata budaya di Bandung, Surakarta, Denpasar, Jakarta, dan Surabaya.

Selain ketiga belas mahasiswa Meksiko tersebut, seorang mahasiswa asal El Salvador untuk pertama kalinya juga akan mengikuti program beasiswa Darmasiswa tahun akademik 2017/2018, demikian Pensosbud KBRI Meksiko, Febby Fahrani kepada Antara London, Selasa.

Dubes RI untuk Meksiko Serikat, Yusra Khan, saat membuka kegiatan Temu Alumni Darmasiswa di Kedutaan Indonesia di Mexico City, Senin (14/8) mengatakan minat mahasiswa di kawasan Amerika Tengah cukup tinggi untuk mengikuti program Darmasiswa di Indonesia.

Untuk El Salvador, baru kali ini peserta dari kota San Salvador berhasil memperoleh beasiswa Darmasiswa, ujarnya menambahkan sampai saat ini 112 mahasiswa Meksiko yang mengikuti Darmasiswa sejak tahun 1996.

Dubes Yusra Khan yakin peserta asal Meksiko akan menyenangi dan jatuh cinta terhadap Indonesia dan pengalaman selama di Indonesia akan dapat merubah cara pandang tentang Indonesia, serta memberikan nilai tambah pada kepribadian, keterampilan, dan keahlian mereka.

Untuk itu, Dubes Yusra Khan berpesan agar peserta Darmasiswa dapat memanfaatkan masa belajar mereka di Indonesia dengan baik dalam mempelajari lebih banyak mengenai budaya Indonesia.

Kelak peserta Darmasiswa tahun akademik 2017/2018 ini akan menjadi duta besar Indonesia dengan misi memperkenalkan Indonesia melalui cerita pengalaman selama masa pembelajarannya di Indonesia kepada teman dan keluarga saat kembali ke Meksiko.

Selain itu saat belajar di Indonesia, peserta Darmasiswa juga dapat memperkenalkan budaya Meksiko kepada masyarakat Indonesia yang ingin mengetahui budaya negara lain, ujarnya.

Acara temu Alumni Darmasiswa ini merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan KBRI untuk melepas peserta Darmasiswa dari Meksiko. Kegiatan ini juga sebagai briefing persiapan keberangkatan ke Indonesia.

Kegiatan persiapan lain yaitu mengikuti kelas bahasa Indonesia untuk membekali peserta dengan keterampilan dasar berbahasa Indonesia dan diharapkan akan membantu proses adaptasi awal saat tiba di Indonesia.

"Saya senang bisa memperoleh banyak informasi dari alumni, ujar Maria Jose Flores Rojas, salah seorang peserta dari kota Celaya  Meksiko, yang akan mempelajari bahasa Indonesia di Surabaya.

Tiga alumni yang hadir dalam pertemuan dan berbagi suka duka mengikuti Darmasiswa dan menceritakan berbagai pengalaman yang dialami. Mereka juga memberikan beberapa tips dan saran yang perlu dicermati dalam proses keberangkatan serta adaptasi di Indonesia.

Pewarta: Zeynita Gibbons
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017