Athena (ANTARA News) - Petugas pemadam kebakaran Yunani kesulitan memadamkan kebakaran untuk hari ketiga berturut-turut pada Selasa (15/8), sementara kobaran api yang diperparah dengan angin kencang memaksa orang-orang mengungsi dari rumah mereka di dekat ibu kota.

Kebakaran di pantai di dekat Athena, di Peloponnese barat dan pulau Ionian, Zakynthos, merupakan masalah yang paling mendesak, kata juru bicara petugas pemadam kebakaran kepada AFP.

Tentara dipanggil untuk membantu petugas pemadam kebakaran di sekitar Kalamos, 45 kilometer dari sebelah timur Athena, tempat kebakaran terjadi sejak Minggu.

Sedikitnya lima properti hancur dan beberapa rumah dievakuasi, kata pihak berwenang, sementara asap dari kebakaran menyelimuti langit di ibu kota pada Selasa.

Lebih dari 90 kebakaran terjadi di seluruh Yunani sejak Minggu, menurut pihak berwenang.

Petugas pemadam juga memadamkan kebakaran di dekat Kota Amaliada di Peloponnese barat dan di pulau wisata Zakynthos tempat beberapa kebakaran -- yang menurut sejumlah orang disengaja -- berkobar.

"Situasi seperti ini belum pernah terjadi," kata kepala dinas pemadam kebakaran regional Vassili Matteopoulos kepada media setempat, Senin.

"Kami mencatat 22 kebakaran di Zakynthos hanya dalam 24 jam terakhir."

Upaya untuk memadamkan kebakaran dipersulit oleh angin yang kecepatannya mencapai 40-50 kilometer per jam, menurut dinas pemadam kebakaran. (mr)

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2017