Jakarta (ANTARA News) - Stan Bank Indonesia (BI) yang menyelenggarakan kuis berhadiah di Kompleks Gedung MPR/DPR/DPD dipadati para pelajar yang mengikuti Sidang Tahunan MPR 2017.

Seorang peserta kuis, Muhammad Rayhan Putra Wibisono, mengaku tertantang mengikuti kuis yang pertanyaannya seputar BI, uang, dan Gubernur BI.

"Saya ingin menguji pengetahuan umum saya sendiri dan mendapat hadiahnya," katanya di Gedung Nusantara III, Senayan, Jakarta, Rabu.

Pelajar SMA Negeri 1 Gunung Talang, Sumatera Barat itu pun berhasil memenangi hadiah hiburan dari BI berupa perangkat penyimpan data (flashdisk), pulpen, dan gantungan kunci.

Dharma Adhi Brata, peserta lain dari SMAN 3 Seluma, Bengkulu, merasa senang bisa menjajal wawasannya dengan mengikuti kuis BI meskipun belum beruntung mendapat hadiah.

"Ya sepertinya saya perlu belajar lagi," kata dia.

Perwakilan BI Institute Nurul Iza mengatakan kuis tersebut bertujuan memperkenalkan BI kepada masyarakat, terutama para pelajar teladan Indonesia yang mendapat kesempatan mengikuti Sidang Tahunan MPR RI.

Menurut Nurul Iza, pengetahuan masyarakat tentang BI sebagai bank sentral yang menjaga stabilitas moneter dan sistem keuangan perlu disosialisasikan lebih luas.

"Ini sebagai sarana edukasi tentang informasi-informasi yang biasanya kurang dipahami masyarakat, misalnya tentang bagian pengaman pada uang rupiah," ujar Nurul.

Selain BI, institusi lain juga membuka stan dalam rangka Sidang Tahunan MPR 2017 antara lain Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Lembaga Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (LIPI), serta Provinsi Jawa Barat.

Pewarta: Yashinta Difa
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2017