Tangerang (ANTARA News) - PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) distributor resmi Mitsubishi Fuso Truck & Bus Corporation (MFTBC) mendonasikan kendaraan Colt Diesel untuk delapan SMK di Indonesia yang kelak akan digunakan sebagai alat ajar dan praktik mesin diesel.

Fuso Vocational Education Program merupakan aktivitas tanggung jawab sosial (CSR) KTB di bidang pendidikan. Tidak hanya mendonasikan kendaraan, KTB juga memberikan pelatihan otomotif bersertifikat bagi siswa dan guru SMK.

"Fuso Vocational Education Program, didasari atas kepedulian untuk terus memberikan kontribusi bagi sektor pendidikan, yang kami percaya, merupakan hal penting untuk membangun negara," jelas Presiden Direktur KTB Atsushi Kurita saat menyerahkan secara simbolis donasi kendaraan kepada Kepala Sekolah dari delapan SMK, di Tangerang, Rabu.

Dikemas dengan program yang berbeda, pelatihan itu digelar di Training Center Krama Yudha Tiga Berlian Motors Training Center (KRTC) dan di sekolah.

Untuk melengkapi pelatihan, KTB juga mendatangkan Mobile Workshop atau "Bengkel Berjalan" ke sekolah sebagai sarana praktek otomotif siswa selama training.

Program itu bertujuan membantu meningkatkan kualitas pendidikan dengan meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan sarana belajar yang sejalan dengan program Revitalisasi SMK yang dicanangkan pemerintah pada Mei 2017.

Tahun 2017 merupakan tahun ke-empat bagi KTB melaksanakan program CSR yang ditujukan untuk SMK. Sebelumnya KTB telah mendonasikan 30 unit kendaraan untuk pendidikan yaitu 27 unit kendaraan untuk SMK dan 3 unit kendaraan untuk Universitas.

SMK yang mendapakan Colt Diesel adalah SMK Mandiri Medan, SMK PGRI Palembang, SMK Muhammadiyah 2 Metro Lampung, SMK Bina Karya Mandiri 2 Bekasi, SMK Negeri 5 Solo, SMK Negeri 1 Singosari Malang, SMK Bhakti Bangsa Banjarmasin dan SMK Darussalam Makassar.

Pelatihan otomotif yang diberikan kepada siswa dan guru meliputi pelatihan dasar automobile atau F-STEP 1 tentang pengetahuan dasar otomotif yang meliputi sistem diesel, sistem bahan bakar, sistem kelistrikan, sistem power-train, chassis dan sebagainya.

F-STEP singkatan dari Fuso Service Technician Education Program, merupakan suatu program pendidikan wajib bagi mekanik Mitsubishi Fuso di seluruh dunia.

"Saya juga merasa terhormat dapat mencanangkan program ini secara simbolis, sekaligus untuk merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-72, karena KTB telah menjadi bagian dari masyarakat Indonesia sejak dulu dan akan terus berlanjut hingga dimasa depan," tambah Atsushi Kurita.  

"Semoga program ini dapat memberikan banyak manfaat bagi masyarakat Indonesia, terutama para generasi muda yang harus siap untuk menyongsong masa depan dengan ilmu, keterampilan dan pendidikan yang baik," pungkas Atsushi Kurita.

(Baca: Business Meeting FUSO perkenalkan Colt Diesel terpanjang)
Pewarta:
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2017