Semarang (ANTARA News) - Provinsi Jawa Tengah menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) XIV yang akan digelar pada 10 hingga 21 September 2017.

Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah Urip Sihabudin di Semarang, Rabu, mengatakan 5.800 atlet dan pendamping dari seluruh provinsi akan berpartisipasi dalam kegiatan dua tahunan itu.

Menurut dia, terdapat 25 cabang olahraga yang dipertandingkan, dimana 4 di antaranya merupakan cabang eksebisi. "Dari 21 cabang, ada 287 nomor yang ditandingkan," ucapnya.

Seluruh cabang olahraga tersebut, lanjut dia, akan digelar di sejumlah tempat pertandingan di empat daerah, masing-masing Kota Semarang, Kabupaten Semarang, Kendal dan Grobogan.

"Khusus cabang eksebisi panjat tebing digelar di Solo," tambahnya.

Ia mengungkapkan terdapat 991 medali yang akan diperebutkan dalam Popnas XIV tersebut. Secara umum, lanjut dia, penyelenggara pekan olahraga ini sudah siap.

Perbaikan dan penyiapan gelanggang olahraga yang dipertandingkan, menurut dia, diserahkan ke masing-masing daerah.

Sementara itu, Asisten Deputi Bidang Pembibitan dan IPTEK Olahraga Kemenpora, Washinton menyampaikan terima kasih kepada Provinsi Jawa Tengah dalam menyiapkan kegiatan ini sejak jauh hari.

Ia mengakui keterbatasan daerah dalam menyelenggarakan Popnas. "Karena keterbatasan, ada beberapa daerah yang masih kesulitan untuk menjadi tuan rumah," ujarnya.

Popnas ini sendiri, lanjut dia, sebagai bentuk "test event" sebelum digelarnya PON.

Pewarta: IC Senjaya
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2017