Jakarta (ANTARA News) - Penyerang naturalisasi tim nasional U-22 Indonesia, Ezra Walian, diproyeksikan tampil melawan Filipina, Kamis (17/8), dalam lanjutan pertandingan Grup B sepakbola putra SEA Games ke-29/2017, Malaysia.

"Kemungkinan Ezra akan bermain karena kondisi Marinus belum terlalu fit," ujar asisten pelatih timnas U-22 Indonesia, Bima Sakti, dikutip dari pernyataannya kepada tim media PSSI, yang diterima di Jakarta, Rabu.

Walian belum mencatatkan menit bermain di SEA Games 2017. Pada pertandingan pertama di mana Indonesia berhadapan dengan Thailand, pemain berusia 19 tahun kelahiran Belanda tersebut hanya duduk di bangku cadangan.

Dalam laga yang berakhir dengan skor 1-1 tersebut, pelatih tim nasional U-22, Luis Milla, memilih menurunkan penyerang asal Persipura Jayapura, Marinus Manewar, sebagai penyerang tunggal. "Semua pemain penting di tim ini. Semoga Marinus bisa kembali fit," tutur Sakti. 

Adapun hasil seri kontra Thailand membuat Indonesia bersama Thailand, berada di bawah Vietnam di peringkat pertama dan Filipina di posisi kedua klasemen sementara Grup B.

Di laga perdananya, Vietnam berhasil mengalahkan Timor Leste 4-0, sementara Filipina menaklukkan Kamboja 2-0.

"Filipina adalah tim yang bagus, dengan pertahanan dan strategi bola mati atau set piece yang baik. Semua pemainnya harus kami waspadai," kata dia.

Salah satu motivasi tim nasional U-22 di pertandingan versus Filipina itu adalah laga tersebut digelar tepat di Hari Kemerdekaan ke-72 Indonesia.

"Ini momen tepat. Pemain harus bisa berjuang sama kerasnya seperti para pejuang kita terdahulu dan main habis-habisan sampai pertandingan berakhir," ujar Bima Sakti, sembari menambahkan bahwa timnya masih terus mengasah penyelesaian akhir dan komunikasi antar-pemain.

Sementara pemain tim nasional U-22, Saddil Ramdani, menyebut Hari Kemerdekaan Indonesia menjadi motivasi khusus para pemain untuk menampilkan permainan terbaik.

"Itu motivasi tersendiri bagi kami. Kalau dimainkan, saya ingin mempersembahkan permainan terbaik dan mencetak gol," kata Saddil, yang menjadi pemain pengganti di laga kontra Thailand.

Pertandingan timnas U-22 Indonesia melawan dengan Filipina sendiri digelar pada Kamis (17/8) di Stadion Shah Alam, mulai pukul 19.45 WIB. 

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2017