Jakarta (ANTARA News) - Persatuan Bola Bakset Seluruh Indonesia akan menyiapkan kejuaraan pemanasan menjelang penyelenggaraan Liga Bola Basket Indonesia musim 2017-2018.

"Kami akan menyiapkan kejuaraan Perbasi Cup 2017 sebagai kejuaraan pra-musim IBL. Kami berencana menggelarnya di Jakarta pada November. Tapi, lokasi pertandingan belum ditentukan saat ini," kata Wakil Ketua Perbasi Andiko Ardi Purnomo di Jakarta, Rabu.

Ketua Umum PB Pelita Jaya itu mengatakan Perbasi Cup 2017 tidak akan diikuti seluruh klub bola basket yang mengikuti IBL musim 2016-2017.

Andiko mengatakan klub-klub bola basket di Indonesia yang akan mengikuti IBL musim 2017-2018 hanya ada 10 klub tanpa CLS Knights Surabaya.

"Tentu kami ikut sedih karena kehilangan CLS Knights karena mereka adalah klub yang bagus dengan pemain-pemain yang bagus juga. Kami masih berharap mereka ikut liga dan mengikuti regulasi dari IBL. Tapi, itu adalah keputusan masing-masing klub," ujar Andiko.

Sebelumnya, IBL telah mengumumkan 10 klub bola basket nasional yang akan mengikuti liga musim 2017-2018. Mereka adalah Pelita Jaya EMP, Satria Muda Pertamina, W88.News Aspac, Bank BJB Garuda Bandung, Pacific Caesar Surabaya, Hangtuah Sumsel, NSH Jakarta, Siliwangi Bandung, Satya Wacana Salatiga, dan Bima Perkasa Jogja.

CLS Knights memutuskan untuk absen dalam IBL 2017/2018 menyusul keputusan klub itu yang menolak mengganti status badan hukum dari yayasan menjadi perseroan terbatas sebagaimana regulasi baru dari IBL dan PT Bola Basket Indonesia (BBI).

"Kami tetap menghormati keputusan yang diambil oleh CLS, meski kami berharap suatu saat nanti CLS Knights bisa kembali bersama kami memajukan kompetisi basket di negeri ini," ujar Direktur IBL Hasan Gozali.

Hasan mengatakan, 10 tim yang akan mengikuti IBL 2017/2018 akan dibagi dalam dua divisi yaitu Merah dan Putih sebagaimana IBL musim sebelumnya. Tapi, pembagian anggota divisi akan diumumkan lebih lanjut oleh IBL.

Dalam IBL 2017/2018, setiap tim akan bertemu masing-masing tiga kali dengan tim lain dalam satu divisi dan satu kali dengan setiap tim di luar divisi. Sedangkan pada IBL musim 2016-2017, setiap tim berhadapan dua kali dengan lawan dalam satu divisi dan sekali bertanding dengan setiap tim di luar divisinya.

Pewarta: Imam Santoso
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2017