Ternate (ANTARA News) - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini M Soemarno mengawali kunjungan kerjanya di Kabupaten Halmahera Timur (Haltim), Maluku Utara (Malut) dengan naik bentor dari pusat kota Buli menuju PT Antam.

"Saya senang bisa merayakan HUT Kemerdekaan dengan naik bentor keliling kota Buli," kata Menteri BUMN saat melakukan serangkaian kunjungan kerjanya di Haltim, Rabu.

Kehadiran Menteri BUMN saat menggunakan bentor menuju ke PT Antam menarik perhatian dan warga langsung memenuhi jalan utama Kota Buli untuk melihat secara dekat Menteri BUMN tersebut.

Oleh karena itu, Menteri BUMN berharap momentum HUT Kemerdekaan ini bisa menjadi momentum kebangkitan bangsa Indonesia sebagai wadah untuk memupuk rasa persatuan dan kesatuan bangsa.

Dia mengatakan, BUMN sendiri telah melakukan berbagai agenda kegiatan bersinergi BUMN hadir untuk negeri atas kerjasama PT Antam, WIKA dan Hutama Karya dalam menyambut HUT Kemerdekaan dengan menggelar kegiatan Siswa Mengenal Nusantara dengan penukaran 20 siswa dan siswi terbaik yang dikirim ke Provinsi Bali.

Sehingga, program Siswa Mengenal Nusantara 2017 ini berlangsung di 34 provinsi sebagai kontribusi BUMN dalam membangun kapasitas nasional melalui generasi penerus bangsa dalam menanamkan rasa bangga sebagai bangsa yang memiliki keragaman kekayaan melalui proses pertukaran informasi dan kebudayaan.

"Ini merupakan bagian dari rangkaian peringatan HUT kemerdekaan RI ke-72 dengan sinergi BUMN hadir untuk negeri," kata Rini.

Menteri BUMN yang didampingi Bupati Haltim Rudy Erawan kemudian larut dalam kegembiraan bersama warga di Maba dengan mengikuti gerak jalan indah dan lomba rakyat setempat.

Bahkan, saat melihat berbagai lomba panjat pinang dan tarik tambang, Menteri BUMN bersama sejumlah pejabat ikut menjadi peserta tarik tambang bersama-sama dengan masyarakat setempat.

Kunjungan Menteri BUMN Rini M Soemarno ini sekaligus sebagai inspektur upacara peringatan HUT Kemerdekaan 17 Agustus di Kota Maba.

Selama dua hari di Kabupaten Haltim ini, Menteri BUMN didampingi sejumlah pejabat diantaranya Sekretaris Kementerian BUMN Imam Apriyanto Putro, Direktur Operasi II WIKA Bambang Pramujo, Dirut NI Achmad Baiquni, Dirut PT Antam Arie Prabowo Ariotedjo bersama manajemen tiga BUMN yang ditugaskan menggelar kegiatan BUMN hadir untuk negeri 2017 di Malut.

Pewarta: Abdul Fatah
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2017