Bogor (ANTARA News) - Sebanyak 6.000 lebih mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) meriahkan perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-72 dengan menampilkan empat formasi unik, di lapangan Gymnastium Kampus IPB Dramaga, Bogor, Jawa Barat, Kamis.

Empat formasi yang melibatkan mahasiswa baru strata pertama dan diploma ini menampilkan kekompakan mahasiswa yang datang dari berbagai penjuru Indonesia.

Formasi yang dibentuk oleh mahasiswa menampilkan makna berupa peta Indonesia, Pancasila, inovasi IPB untuk Indonesia dan 72 tahun Indonesia.

Rektor IPB Prof Herry Surhadiyanto menyebutkan, formasi yang melibatkan ribuan mahasiswa merupakan persembahan IPB bagi Indonesia.

"Formasi ini maknanya kebersamaan para mahasiswa baru, dan latihan kepemimpinan mahasiswa sebelumnya dalam mengkordinir adik-adiknya untuk melakukan karya besar," katanya.

Melalui formasi ini ditampilkan kerja sama mahasiswa baru yang berasal dari daerah di Indonesia, dengan kompak memberikan kontribusinya untuk menghasilkan karya.

"Setiap orang berkontribusi, menempel dengan yang lainnya membentuk satu mozaik yang indah," kata Herry.

Menurutnya, philosofi dari penampilan formasi kebangsaan oleh mahasiswa IPB ini adalah merawat kebersamaan dalam keberagaman untuk melahirkan karya besar.

"Sejalan dengan visi Kemenristekdikti, IPB terus berinovasi dalam pembangunan," kata Herry.

Pembentukan empat formasi dalam rangka HUT RI ini merupakan rangkaian dari program Masa Pengenalan Kampus Mahasiswa Baru (MPKMB) angkatan 54 yang telah berlangsung selama empat hari.

MPKMB IPB diawali dengan pemberian materi bagi mahasiswa baru yang menghadirkan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksaamana TNI Ade Supandi, dan Gubernur Jawa Arat, Ahmad Heryawan. 

Pembentukan empat formasi diawali dengan upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-72 yang diikuti seluruh sivitas akademika IPB melibatkan dosen, mahasiswa dan pegawai.

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2017