Cilacap, Jawa Tengah (ANTARA News) - Prajurit Detasemen Jalamangkara (Denjaka) TNI Angkatan Laut mengibarkan Sang Merah Putih berukuran 9x12 meter di mercusuar setinggi 20 meter yang berada di tengah Pantai Teluk Penyu, Cilacap.

Pengibaran bendera Merah Putih dalam upacara peringatan Hari Ulang Tahun Ke-72 Kemerdekaan Republik Indonesia di Pantai Teluk Penyu ini dipimpin oleh Komandan Denjaka Kolonel Marinir Bambang Wahyuono.

Selain diikuti puluhan prajurit Denjaka, upacara juga melibatkan prajurit Pangkalan TNI AL Cilacap dan tekong perahu wisata.

"Ini momentum yang baik bagi kita untuk bisa menunjukkan bahwa kita mempunyai sumber daya laut yang sangat melimpah," kata Bambang Wahyuono.

Menurut dia, latihan di Cilacap adalah yang pertama kali diadakan karena kota itu merupakan salah satu penyangga terluar Jakarta.

"Kami juga mendukung program pemerintah dalam mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia," kata Bambang.

Perwira Staf Operasi Denjaka yang juga Perwira Pelaksana Latihan (Palaklat) Letnan Kolonel Marinir Samson Sitohang mengatakan kegiatan di Cilacap merupakan bagian dari latihan rutin triwulan ketiga yang dilaksanakan pada31 Juli hingga 25 Agustus 2017 dan dimulai dari Cirebon, Jawa Barat, berupa latihan terjun.

Sementara untuk latihan di Cilacap, kata dia, dimulai pada 11 Agustus dengan materi di antaranya latihan komando di Pulau Nusakambangan, patroli rawa, dan tahap laut.

"Untuk tahap laut di antaranya berupa latihan renang jarak jauh, renang bawa alat, pembebasan sandera di kapal, dan selam tempur," katanya.

Oleh karena itu, kata dia, sebelum upacara peringatan HUT Ke-72 terlebih dulu dilaksanakan renang di Pantai Teluk Penyu sejauh 10 kilometer yang dilakukan oleh 76 prajurit Denjaka yuang berenang sejauh 5 km melawan gelombang dan kembali lagi ke daratan.

(Baca: TNI-masyarakat Lhokseumawe berdoa Indonesia lebih kasih sayang)

Pewarta: Sumarwoto
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2017