Jakarta (ANTARA News) - Para mantan Presiden RI yakni BJ Habibie, Megawati Soekarnoputri, dan Susilo Bambang Yudhoyono dijamu berbagai kuliner tradisional setelah upacara detik-detik Proklamasi di Istana Kepresidenan di Jakarta.

Setelah upacara detik-detik proklamasi usai, tiga mantan Presiden RI yang hadir kemudian dijamu untuk makan siang dengan menu berbagai kuliner tradisional di Istana Merdeka Jakarta, Kamis.

Mereka dijamu secara langsung oleh Presiden RI ketujuh Joko Widodo (Jokowi) dengan berbagai kuliner tradisional.

Para mantan presiden yang mengenakan pakaian adat itu menikmati kuliner tradisional yang disajikan Istana.

Sejumlah menu tradisional yang disajikan yakni nasi tumpeng, nasi keprabon, soto kikil, aneka bubur, menu ikan, es krim merah putih, dan lain-lain.

Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin mengatakan Istana menghidangkan beragam kuliner tradisional dalam perayaan atau resepsi HUT Kemerdekaan tahun ini.

"Berkumpulnya para Presiden Republik Indonesia dalam Peringatan Kemerdekaan ke-72 ini menjadi hadiah istimewa bagi Indonesia," katanya.

Pada kesempatan itu, tampak Presiden Indonesia ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono, hadir dengan mengenakan pakaian adat Palembang. Ia didampingi sang istri, Ani Yudhoyono yang mengenakan kebaya merah.

Sementara Presiden Indonesia ke-5, Megawati Soekarnoputri, datang bersama dengan putrinya Puan Maharani. Megawati sendiri terlihat mengenakan kebaya emas dengan warna kecokelatan.

Adapun Presiden Indonesia ke-3, Bacharuddin Jusuf Habibie, tampak datang dengan disertai cucunya. Sama halnya dengan tamu undangan lain, Bapak Teknologi Indonesia itu juga tampak mengenakan pakaian adat. Saat itu, dirinya terlihat mengenakan pakaian adat bugis lengkap dengan senjata adatnya.

Pewarta: Hanni Sofia Soepardi
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2017