Jakarta (ANTARA News) - Google menghadirkan beragam pakaian di Google Doodle hari ini. Ilustrasi buatan perusahaan mesin pencari itu menampilkan keberagaman Indonesia.

Mulai dari perempuan yang mengenakan pakaian adat Bali, perempuan yang mengenakan Baju Bodo khas Makassar, hingga laki-laki yang memakai blangkon, mereka berada di atas satu kapal dengan latar belakang gunung, lengkap dengan bendera Merah-Putih Indonesia.

"Di Ibu kota negara Jakarta dan kota-kota besar lainnya di seluruh nusantara, hari bersejarah yang signifikan ini dirayakan dengan parade termasuk marching band yang dihiasi bendera merah-putih Indonesia," tulis Google.

Dengan menggunakan warna dan pola yang kaya, Doodle hari ini dibuat oleh seniman asal Bandung Aditya Pratama, yang karyanya telah banyak digunakan oleh organisasi maupun brand seperti ELLE, Berrybenka dan British Council.

"Merangkum semangat "kesatuan dalam keragaman" (Bhinneka Tunggal Ika) semboyan nasional Indonesia (berasal dari puisi Jawa abad ke 14)," jelas Google

Google juga menjelaskan bahwa pada saat Hari Kemerdekaan upacara pengibaran bendera, yang diiringi oleh lagu nasional, banyak dilakukan. Masyarakat Indonesia juga menggelar berbagai kegiatan untuk merayakan Hari Kemerdekaan.

"Teman dan keluarga berkumpul melakukan kegiatan seperti balap karung dan memanjat pohon palem (panjat pinang) dan menunjukkan kuliner mereka di kompetisi memasak yang menyajikan hidangan dari berbagai budaya," tambah Google.

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2017