Kuala Lumpur (ANTARA News) - Duta Besar Luar Biasa Berkuasa Penuh (LBBP) Republik Indonesia (RI) di Malaysia, Rusdi Kirana, memberikan dukungan sepenuhnya terhadap tim Indonesia yang bertanding dalam SEA Games di Kuala Lumpur.

"Itu pasti kita harapkan dan kita dukung seratus persen. Kita mengharapkan mereka berhasil bukan hanya mendapatkan medali yang banyak tetapi juga bisa membawa martabat bangsa dan menjadi duta persahabatan," ujar Rusdi usai memimpin upacara HUT RI ke-72 di Wisma Duta, Jalan U Thant 23, Kuala Lumpur, Kamis.

Rusdi mengatakan tentang hadiah yang akan diberikan kepada pemenang SEA Games dirinya menegaskan KBRI Kuala Lumpur tidak ada anggaran tetapi kemungkinan dari dirinya sendiri.

"Saya nanti tergantung Ketua Kontingen-nya Pak Azis Syamsuddin," ujar Rusdi yang pada waktu itu ikut didampingi Ketua Kontingen SEA Games, Azis Syamsuddin.

Tentang pengerahan suporter dalam pertandingan sepak bola, dia mengatakan pihaknya akan mengerahkan kalau Timnas Indonesia masuk semi final dan final.

"Kita akan mengerahkan sebanyak-banyaknya, kalau bisa seribu atau dua ribu. Di tempat kita kan ada empat juta WNI sehingga tidak sulit untuk mengerahkannya," katanya.

Dia mengatakan mungkin yang menyiapkan tiket, akomodasi dan atribut-atributnya seperti bendera dari dirinya.

"Ini merupakan salah satu tugas saya," ujar founder dari Maskapai Lion Air Group ini.

Tentang prediksi pertandingan sepak bola Indonesia VS Filipina, dia mengatakan berapapun angkanya bertandinglah dengan membawa nama bangsa karena menang dan kalah adalah biasa sebab pertandingan adalah menjaga hubungan negara.

"Yang penting menjaga martabat bangsa, sportif dan menjunjung etika yang baik," katanya.

(Baca: Tim nasional U-22 harap pendukung datang ke stadion)

Pewarta: Agus Setiawan
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2017