Jakarta (ANTARA News) - PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk (PGN) memberikan merenovasi 45 rumah veteran di Provinsi Lampung dengan anggaran Rp1,15 miliar dalam rangka peringatan HUT Kemerdekaan RI.

Direktur Utama PGN Jobi Triananda Hasjim dalam rilis di Jakarta, Kamis mengatakan bantuan renovasi atau bedah rumah tersebut merupakan rangkaian program BUMN Hadir untuk Negeri di Provinsi Lampung.

Dalam program bedah rumah di Lampung itu, PGN bekerja sama dengan PTPN 7, untuk merenovasi 45 unit rumah veteran.

"Kami sangat bersyukur PGN dapat menjalankan amanah pada rangkaian program sosial dalam rangka peringatan HUT Ke-72 Kemerdekaan. Kementerian BUMN menugaskan PGN dan PTPN 7 untuk merenovasi 45 unit rumah veteran," katanya di Bandar Lampung.

Menurut dia, renovasi rumah yang dilakukan mulai dari pembangunan pondasi, perbaikan atap, pemasangan plafon, pemasangan keramik, plester aci dinding rumah, renovasi kamar mandi dan lainnya tergantung dari kebutuhan perbaikan masing-masing rumah veteran itu sendiri.

Renovasi 45 unit rumah veteran itu tersebar di Bandar Lampung sebanyak 10 unit, Kota Metro 10 unit, Lampung Timur 12 unit, Lampung Tengah 8 unit, dan Lampung Selatan 5 unit.

Menurut Jobi, selain bentuk kepedulian terhadap para veteran, bedah rumah juga bertujuan memperbaiki rumah tinggal para pejuang kemerdekaan agar layak huni dan nyaman.

"Ini merupakan wujud komitmen Kementerian BUMN dan BUMN untuk memberikan penghargaan atas jasa perjuangan veteran yang telah mengantarkan Indonesia ke kemerdekaan dan Negara Kesatuan Republik Indonesia," katanya.

Saat ini, lanjutnya, proses pengerjaan bedah rumah masih berlangsung dan diharapkan selesai November 2017.

Bedah rumah tersebut merupakan program kepedulian PGN melalui program BUMN Hadir untuk Negeri yang akan terus dilakukan.

Sebelumnya pada 2016, PGN merenovasi sekitar 50 rumah veteran yang berada di Kota Lombok dan Nusa Tenggara Barat dengan biaya Rp1,2 miliar.

Sedangkan, pada 2015, PGN merenovasi 47 rumah veteran di DKI Jakarta dengan biaya Rp2,2 miliar.

Dalam program BUMN Hadir untuk Negeri di Provinsi Lampung, PGN melakukan serangkaian kegiatan salah satunya pelaksanaan program siswa mengenal nusantara (SMN).

Dalam kegiatan SMN itu, PGN memfasilitasi pertukaran pelajar asal Lampung ke Banten dan sebaliknya pada periode 19-28 Juli 2017.

PGN ditunjuk sebagai Koordinator Program BUMN Hadir untuk Negeri di Provinsi Lampung, yang menjadi salah satu wilayah operasi dalam menyalurkan energi baik gas bumi.

Di sisi lain, PGN juga ditugaskan pemerintah membangun jaringan gas rumah tangga di Kota Bandar Lampung sebanyak 10.321 sambungan.

Selain Lampung, PGN juga melaksanakan sejumlah program di Serang, Banten yakni membangun jembatan Kali Cibereum, revitalisasi Situ Tasikardi, dan mendirikan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Sabar Subur.

Untuk tiga kegiatan tersebut, PGN mengucurkan dana Rp3,42 miliar.

Ketiga kegiatan itu merupakan bukti konsistensi PGN sebagai BUMN gas bumi mendorong aktivitas perekonomian desa.

Pewarta: Kelik Dewanto
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2017