Sabtu, 23 September 2017

19 ribu orang manfaatkan KA gratis Hari Kemerdekaan

| 2.968 Views
19 ribu orang manfaatkan KA gratis Hari Kemerdekaan
ILUSTRASI - Kereta Api (KA) (ANTARANews/Ferliansyah)
Surabaya (ANTARA News) - Sebanyak 19.746 orang di wilayah Surabaya dan sekitarnya memanfaatkan 10 perjalanan kereta api (KA) gratis pada Hari Ulang Tahun (HUT) Proklamasi Kemerdekaan ke-72 Republik Indonesia, Kamis.

Manager Humas PT KAI Daop 8 Surabaya, Gatut Sutiyatmoko di Surabaya, Kamis, mengakui antusiasme masyarakat yang memanfaatkan KA gratis itu sangat tinggi.

Ia mengatakan, dari seluruh rangkaian KA program layanan gratis yang terdiri dari KA lokal/komuter, dan KA jarak pendek, sebagian besar kapasitas terpenuhi 150 persen dari ketersediaan tempat duduk.

"Data sebanyak 19 ribu orang merupakan total penumpang yang tercatat sampai pukul 20.00 WIB di sejumlah stasiun wilayah Daop 8 Surabaya," katanya.

Sebelumnya, PT KAI Daerah Operasi 8 Surabaya menggratiskan 10 perjalanan kereta api pulang dan pergi pada tanggal 17 Agustus 2017, untuk menyambut HUT ke 72 RI.

Program itu, bertujuan meningkatkan kecintaan masyarakat terhadap transportasi kereta api, sekaligus bisa menjadikan transportasi utama untuk berpergian karena terhindar dari kemacetan.

Meski gratis masyarakat yang naik KA pada program kemerdekaan tersebut harus bertiket, artinya tidak bisa langsung naik melainkan masyarakat harus melalui prosedur seperti membeli tiket dengan mendatangi loket penjualan tiket tiga jam sebelum pemberangkatan, namun dengan harga Rp0.

Sementara itu, 10 KA gratis masing-masing adalah KA Dhoho dan KA Dhoho Penataran dengan jurusan Surabaya-Kertosono-Blitar, KA Penataran relasi Surabaya-Malang-Blitar, KA Penataran Dhoho relasi Surabaya-Malang-Blitar.

Selanjutnya, KA Tumapel relasi Surabaya-Malang, KA Jenggala relasi Sidoarjo-Mojokerto, KA Ekonomi Lokal relasi Surabaya-Kertosono, KA Ekonomi Lokal relasi Sidoarjo-Bojonegoro, KA Komuter Susi relasi Surabaya-Porong, dan KA Komuter Sulam relasi Surabaya Pasar Turi-Lamongan.

(Baca: KRL Jabodetabek gratis bagi pengguna tiket elektronik)

(Baca: Naik KA Pandanwangi Jember-Banyuwangi gratis pada 17 Agustus)

Editor: Tasrief Tarmizi

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Berita Lainnya
Komentar Pembaca
Baca Juga