Selasa, 26 September 2017

Mentan: Indonesia swasembada bawang merah

| 3.820 Views
Mentan: Indonesia swasembada bawang merah
Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman. (ANTARA/Ampelsa)
Sekarang bisa menunjukan pada dunia kalau Indonesia bisa dan mampu berswasembada bawang merah ..."
Brebes (ANTARA News) - Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman mengatakan bahwa pada 2017 Indonesia mulai swasembada pangan sektor bawang merah dan mampu mengekspor komoditi itu ke sejumlah negara di Asia.

"Sekarang bisa menunjukan pada dunia kalau Indonesia bisa dan mampu berswasembada bawang merah dan mengeskpor ke berbagai negara di Asia, misalnya Jepang, Thailand dan Vietnam," katanya di Brebes, Jawa Tengah, Jumat.

Amran Sulaiman mengemukakan hal itu saat melakukan kunjungan kerja melepas ekspor 10 ton bawang merah ke Thailand di Lapak Bawang Klampok dan PT Cahaya Mustika Abadi Klampok, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah.

Ia mengatakan Indonesia optimistis akan mencapai semua sektor swasembada pangan, seperti padi, bawang merah, bawang putih, kedelai dan jagung.

Indonesia, menurut dia, memiliki sumber daya pangan yang luar biasa yang harus dikelola dan dimanfaatkan secara baik dan benar agar terciptan swasembada pangan yang tidak akan mengantungkan impor.

"Ini adalah hasil dari buah kerja keras kita semua dalam menciptakan swasembada pangan yang membuahkan hasil baik pada saat sekarang dan seterusnya," katanya.

Selain itu, dikemukakannya, ke masa depan pemerintah akan melakukan pengembangan sektor bawang putih agar tidak lagi melakukan impor.

"Mungkin kita membutuhkan waktu dua tahun supaya terwujudnya hasil yang diinginkan," demikian Andi Amran Sulaiman.

Editor: Priyambodo RH

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Berita Lainnya
Komentar Pembaca
Baca Juga