Lampung Selatan (ANTARA News) - Perkumpulan Wanacala Lampung yaitu lembaga pemuda berwawasan lingkungan bekerja sama dengan Sispala LGH SMA Maarif 1 Sukatani menggelar pendakian, diskusi lingkungan hidup dan upacara pengibaran bendera Merah Putih di Puncak Gunung Rajabasa, Lampung.

Menurut Hermansyah, Pengurus Wanacala sekaligus pembina Sispala, di Lampung Selatan, Kamis, rangkaian kegiatan itu digelar dalam rangka peringatan HUT Ke-72 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Kegiatan tersebut didukung oleh KPH XIII Gunung Rajabasa-Way Pisang-Batu Serampok sekaligus menyerahkan bibit dan melepas peserta di Desa Sumur Kumbang pada Rabu (16/8).

Peserta yang terlibat dalam kegiatan ini, antara lain Wanacala Lampung, KPH XII, Walhi Lampung, Sispala LGH Maarif SMA Maarif 1 Sukatani, Sispala SMKN 2 Kalianda, Risel Sumur Kumbang dan Gabungan Kelompok Pecinta Alam di Kalianda. Peserta yang ikut serta kurang lebih 80 orang.

Dalam kegiatan itu, dilakukan penyerahan 500 bibit pohon penghijauan oleh Wahyudi Kurniawan dari KPH XII, dan peserta menanamnya di sepanjang jalur pendakian dan pada wilayah kritis.

Wahyudi Kurniawan menyampaikan bahwa Gunung Rajabasa ini adalah tanggung jawab kita bersama untuk menjaga dan melestarikannya.

"Gunung Rajabasa adalah sumber air yang patut kita jaga, sehingga pohon yang kita tanam adalah tidak ternilai pahalanya sepanjang tumbuh berkembang dapat dinikmati oleh semua makhluk yang diciptakan Allah SWT, dan jangan buang sampah di wilayah Gunung Rajabasa," katanya lagi.

Rangkaian kegiatan itu digelar sejak 15 Agustus hingga 17 Agustus 2017 sebagai salah satu bentuk kepedulian para generasi penerus terhadap Gunung Rajabasa sekaligus pendidikan lingkungan hidup bagi Sispala di sekolah.

Pewarta: Budisantoso Budiman
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2017