Lhokseumawe (ANTARA News) - Ribuan pelajar se-Kota Lhokseumawe, Provinsi Aceh, meriahkan pawai karnaval dalam rangka merayakan HUT Ke-72 Kemerdekaan RI yang digelar di Lapangan Hira Lhokseumawe, Sabtu.

Pelepasan pawai karnaval dimulai untuk mobil hias tingkat Pendidikan Usia Dini (PAUD), yang dilepas oleh Wali Kota Lhokseumawe Suaidi Yahya.

Selanjutnya untuk tingkat SD/MI dilepas oleh Kasrem 011 Lilawangsa Letkol Inf Shofanuddin, sedangkan untuk tingkat SMP/MTs dilepas secara resmi oleh Dan Lanal Lhokseumawe Letkol Laut (P) M Sjamsul Rizal dan untuk tingkat SMA dilepas oleh Wakil Wali Kota Lhokseumawe Yusuf Muhammad.

Wali Kota Lhokseumawe dalam kata sambutannya mengatakan bahwa kegiatan pawai selalu dilaksanakan setiap tahun. Dengan adanya kegiatan dimaksud, diharapkan dapat semakin memupuk rasa cinta Tanah Air serta memupuk kebersamaan dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

"Selain itu, kepada peserta pawai karnaval yang juga generasi muda untuk selalu giat dalam belajar dan kreatif serta inovatif, " harapnya.

Sementara itu, Kordinator panitia pelaksana kegiatan Nasruddin mengatakan bahwa kegiatan karnaval tersebut diikuti oleh 40 sekolah tingkat PAUD, untuk tingkat SD/MI sebanyak 70 sekolah, tingkat SMP/Mts 24 sekolah dan tingkat SMA/MA sederajat sebanyak 30 sekolah. Serta ditambah oleh satu rombongan dari Pramuka dan satu rombongan dari produk Eskrim Walls.

Sementara untuk rute yang dilalui, jalan Merdeka menuju Jalan Darussalam, berbelok ke arah Jalan Malikussaleh dan terus menuju ke jalan Iskandar Muda serta berbelok lagi ke jalan merdeka dan kembali lagi ke Lapangan Hira sebagai finishnya.

Nasruddin juga menyebutkan, kepada sekolah peserta karnaval terbaik akan diberikan hadiah. "Karena penampilan peserta pawai tersebut dinilai oleh tim juri, " katanya.

(T.KR-MKH/A039)

Pewarta: Mukhlis
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017