Pontianak (ANTARA News) - Serian Division Vespa Fan Club, komunitas pengendara motor scooter asal Sarawak, Malaysia, mengunjungi Kalimantan Barat untuk merasakan kemeriahan langsung perayaan HUT ke-72 RI.

Ketua Club, Chai Chee Onn saat dihubungi di Pontianak, Sabtu mengungkapkan, tidak ada kendala berarti yang dialami 17 pengendara scooter itu dalam perjalanan dari Kuching menuju Pontianak yang berjarak kurang lebih 450 kilometer itu.

Mereka memulai melakukan perjalanan dari Kuching dengan tujuan Pontianak pada Selasa (14/8) dengan pengawalan dari Direktorat Lalu Lintas Polda Kalbar melewati batas negara dari Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Entikong menuju kota Pontianak.

Mereka berangkat pagi hari sekitar pukul 06.00 waktu setempat dan tiba di Pontianak pada pukul 17.30 WIB.

Persiapan dilakukan sejak jauh hari agar kedatangan mereka dapat bertepatan dengan momentum HUT RI.

Selain kendaraan, mereka juga mempersiapkan dan mengurus dokumen perjalanan mengingat tidak mudah untuk melintas batas negara menggunakan kendaraan dengan mesin cc silinder kecil.

Menariknya, usia peserta berkisar antara 50 tahun hingga 70 tahun. Bahkan ada peserta yang sudah berusia 74 tahun yang mengendarai Vespa Sprint 150cc keluaran tahun 1974.

Selain motor bermesin kanan keluaran Piaggio, ada satu jenis scooter yang menjadi perhatian dalam rombongan, yaitu scooter pabrikan Lambretta keluaran tahun 1962 yang dikendarai Barry Chan.

Serian Division Vespa Fan Club saat ini memiliki 20 lebih anggota yang berasal dari latar belakang yang berbeda. Sementara di Kuching hanya terdapat sekitar seratus unit Vespa saja.

Kedatangan rombongan ini dijemput secara spontanitas oleh belasan scooterist yang berasal dari berbagai komunitas yang tergabung dalam wadah Scooter Kalimantan Barat (SKB).

"Anggap mereka tamu negara dan kita wajib menjamu mereka dengan sebaik mungkin, jangan timbulkan kesan yang tidak enak dan kecewa," ungkap Agus, dari SKB.

Penjemputan pun dilakukan secara spontan.

Selama di Pontianak, mereka dibawa berkeliling kota dan mengunjungi beberapa tempat bersejarah. Pada Rabu (16/8) pagi, para scooterist ini kemudian melanjutkan perjalanan menuju kota Singkawang dengan didampingi beberapa anggota komunitas dari Pontianak.

Rencananya, rombongan akan kembali ke Sarawak pada Sabtu atau Minggu (20/8).

(T.T011/R021)

Pewarta: Teguh Imam Wibowo
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017