Kupang (ANTARA News) - Pemain Tim Sepak Bola Nasional era 1950-an sekaligus legenda hidup sepak bola Harry Tjong mengatakan melalui sepak bola dirinya belajar banyak hal, salah satunya adalah menjadi alat pemersatu.

"Saya punya banyak sekali pengalaman soal hal ini. Oleh karena itu saya katakan bahwa sepak bola itu mempersatukan," katanya saat menceritakan pengalamannya sebagai pemain sepak bola nasional era tahun 1950-an di Kupang, Sabtu.

Hal ini disampaikan saat dilaksanakannya bincang bola dengan tema "Ke Mana Sepak Bola Membawamu" yang diinisiasi oleh Komunitas Sepak Bola Masyarakat Gila Bola (Masgibol) NTT ketika menyambut kedatangan Komunitas Sepak Bola dari Bali Mitra Dewata yang terdiri dari sejumlah pemain nasional dan Timnas Indonesia.

Harry mengaku bahwa awal mula dirinya ingin bermain sepak bola, kedua orang tuanya tidak mendukung. Namun ia terus berusaha dan mencuri-curi waktu agar bisa bermain sepak bola.

"Saya kemudian baru didukung oleh kedua orang tua saya saat sudah dipanggil oleh Persatuan Sepak Bola Indonesia (PSSI). Pada saat itu keluarga saya dikenal sehingga orang tuapun merelakan," tambah Harry yang juga adalah kiper Timnas itu.

Menurutnya, di dalam sepak bola itu berkumpul seluruh pemain dari berbagai golongan dengan tidak memperhatikan dia dari agama serta ras atau memperhatikan warna kulitnya.

Melalui sepak bola menurutnya ia bisa kemana saja dan bisa bertemu dan berkenalan dengan orang-orang baru.

"Karena sepak bola akhirnya saya bisa ke Kupang, dengan teman-teman dari komunitas sepak bola Mitra Devata," kata Harry yang juga penasehat dari komunitas sepak bola asal Bali tersebut.

Sementara itu penasehat Komunitas sepak bola veteran Mitra Devata Kombes Pol Suparyono yang juga adalah pemerhati sepak bola mengatakan bahwa hanya melalui sepak bola dirinya bisa kemana-mana dan akhirnya bisa menginjakkan kakinya ke Kupang ibu kota NTT.

Iapun berpesan bahwa tiga hal yang dapat membuat para pemain sepak bola sukses ada masalah Pengetahuan, Skil pemain serta sikap pemain baik di dalam dan di luar lapangan.

"Tiga hal inilah yang harus diperhatikan jika memang pemain-pemain muda kita ingin sukses dalam dunia sepak bola," tambahnya.

Pewarta: Kornelis Kaha
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017