Jakarta (ANTARA News) - Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Zulkifli Hasan akan menghadiri Raimuna Nasional XI 2017 Gerakan Pramuka di Cibubur, Jakarta Timur, Sabtu.

Berdasarkan siaran persnya, Zulkifli akan hadir memberi materi kebangsaan dan kemaritiman di hadapan 15 ribu Pramuka peserta Rainas XI.

Dalam kesempatan tersebut akan hadir pula Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi.

Zulkifli akan bicara tentang pengamalan nilai-nilai Pancasila dan pentingnya gotong-royong. Sedangkan Ade Supandi akan bicara tentang kemaritiman. Keduanya juga akan bicara tentang pengalaman mereka saat di Pramuka dan prinsip-prinsip hidup mereka.

Sebelumnya, Laksamana TNI Ade Supandi mengatakan Pramuka ada di seluruh kelurahan di Indonesia, dari sekolah hingga universitas. Pramuka juga punya Saka Bahari. Lewat Pramuka bangsa bisa mengembalikan kejayaan maritim Indonesia.

Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka, Adhyaksa Dault, mengatakan para pengisi acara itu akan memberikan inspirasi bagi anggota Pramuka.

"Kami ingin setiap Pramuka pulang ke daerah masing-masing membawa semangat baru dan inspirasi bagi Gudepnya, Kwarcabnya, Kwardanya, bagi daerahnya dan lain-lainnya," kata dia.

Raimuna Nasional adalah pertemuan Pramuka usia 16-25 tahun dari 34 Provinsi dan 514 kota/kabupaten di Indonesia. Kegiatan tersebut adalah pertemuan generasi milenial dan generasi terlengkap di Indonesia.

"Merespon semangat zaman, Kwarnas Gerakan Pramuka sekarang memiliki semboyan Setiap Pramuka adalah Kantor Berita. Artinya, setiap Pramuka wajib menggunakan media sosialnya untuk membela NKRI, Pancasila dan mempromosikan Indonesia serta tentunya memberitakan kegiatan Pramuka," kata dia.

Pewarta: Anom Prihantoro
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017