Jakarta (ANTARA News) - Ketua Komisi 1 DPR Abdul Kharis Almasyhari meminta pemerintah Malaysia menginvestigasi secara mendalam insiden bendera Merah Putih yang tercetak terbalik dalam buku panduan SEA Games 2017 di Malaysia

"Kami meminta Malaysia segera melaksanakan investigasi mendalam dan di sampaikan kepublik siapa dan mengapa sampai terjadi kesalahan fatal di ajang internasional yang sudah berkali-kali kita lakukan bersama," kata Abdul Kharis di Jakarta, Senin.

Dia sangat menyesalkan kejadian bendera Indonesia yang tercetak terbalik dalam buku SEA Games 2017 di Malaysia karena merupakan kesalahan fatal.

Politisi PKS itu menilai investigasi penting dilakukan karena bukan hanya sekadar permintaan maaf saja karena harus dibuka ke publik agar jelas apakah kejadian itu merupakan kesengajaan atau bukan.

"Memang pemerintah kita masih menunggu permintaan maaf dari pemerintah Malaysia. Menpora Malaysia juga sudah minta maaf, tapi semua harus dibuka ke publik agar hal ini jelas kesengajaan atau bukan," ujarnya.

Abdul Kharis juga meminta masyarakat Indonesia jangan bereaksi berlebihan dalam menyikapinya dan berharap masyarakat tetap tenang.

Dia meminta masyarakat menunggu langkah serius pemerintah Malaysia menuntaskan masalah ini dan agar kita juga menyikapinya dengan tenang dan tetap fokus mendukung kesuksesan timnas Indonesia di SEA Games.

"Kita percayakan langkah diplomasinya kepada Menlu Retno Marsudi untuk menindaklanjuti pembicaraannya dengan Menlu Malaysia serta kita tunggu jawaban nota diplomatik yang sudah dikirim oleh KBRI Kuala Lumpur," katanya.

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2017