Jakarta (ANTARA News) - Perfektur Aichi, Jepang, berencana untuk membuat kantor perwakilan di Indonesia untuk memfasilitasi industri-industri yang telah dan akan menanamkan investasinya di Indonesia, demikian disampaikan Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto.

"Tujuannya, untuk memperkuat industri yang ada di sini dan mendorong business matching daripada usaha-usaha yang berasal dari Provinsi Aichi," kata Airlangga usai menggelar pertemuan dengan Gubernur Aichi Mr Hideaki Ohmura dan delegasi di Jakarta, Senin.

Menurut Airlangga, Perfektur Aichi merupakan kota di mana sebagian besar industri otomotif Jepang beroperasi. Selain itu, 1/3 investasi Jepang yang ada di Indonesia juga berasal dari wilayah dengan Ibu Kota Nagoya ini.

Untuk itu, kantor perwakilan di Indonesia dibutuhkan untuk mempermudah berbagai urusan investasi maupun industri yang ada.

"Mereka perlu ada perwakilan pemerintah untuk fasilitasi bisnis, baik di Indonesia ataupun pemerintahnya di Jepang. Mereka juga minta ada penerbangan langsung dari Jakarta ke Chubu, karena tenaga kerja Indonesia juga paling banyak di Nagoya," ujar Airlangga.

Sebagian besar tenaga kerja asal Indonesia, lanjut Airlangga, bekerja magang di berbagai pabrik otomotif di Nagoya.

Diketahui, Hideaki Ohmura datang bersama delegasi yang mewakili Kamar Dagang dan Industri Jepang, Pemda Nagoya, dan beberapa universitas.

Adapun Menteri Airlangga didampingi oleh Dirjen Industri Logam Mesin Alat Transportasi dan Elektronika I Gusti Putu Suryawirawan, Dirjen Ketahanan Pengembangan Akses Industri Internasional Harjanto, Dirjen Pengembangan Perwilayahan Industri Imam Haryono, Dirjen Industri Kimia Tekstil dan Aneka Achmad Sigit Dwiwahjono dan Kepala BPPI Ngakan Timur Antara.

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2017