Jakarta (ANTARA News) - Empat wakil Indonesia meraih hasil positif dalam rangkaian pertandingan pembukaan Kejuaraan Dunia bulutangkis 2017 yang digelar di Glasgow, Skotlandia, pada Senin (21/8) malam hingga Selasa (22/8) dini hari WIB.

Berdasarkan laman resmi Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) yang dipantau di Jakarta, Selasa, hasil positif wakil Indonesia itu dibuka oleh tunggal putri Lyanny Alessandra Mainaky yang menang dua gim atas Kate Foo Kune (Mauritus) dengan skor 21-11, 21-16.

Kemudian dilanjutkan oleh pemain tunggal putra Tommy Sugiarto yang berhasil menekuk pemain senior asal Hong Kong, Hu Yun, yang juga dalam permainan dua gim langsung 21-16, 21-15.

Pasangan ganda putra Pemusatan Pelatihan Nasional (Pelatnas) Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI), Mohammad Ahsan/Rian Agung Saputro, juga berhasil mengamankan kemenangan atas wakil Swedia, Richard Eidestedt/Nico Ruponen, dengan skor 21-15, 21-18.

Sedangkan satu pasangan ganda campuran profesional Lukhi Apri Nugroho/Ririn Amelia yang merupakan jebolan PB Djarum berhasil memperoleh kemenangan atas duet Toby Ng/Rachel Honderich asal Kanada dengan skor 21-14, 23-25, 21-18.

"Kami mengakui memang agak kendor di gim kedua di mana kami sudah bisa memimpin perolehan angka tapi bisa dikejar oleh lawan, kami jadi panik dan banyak melakukan kesalahan sendiri, selain akibat kaget karena pemanasannya kurang karena pertandingan sebelumnya berlangsung cepat, namun untung kami bisa menguasai keadaan dan mendapat hasil positif," kata Ririn dalam pernyataan PBSI.

Sayangnya langkah Lukhi/Ririn tak diikuti oleh rekan pasangan ganda campuran lainnya, Irfan Fadhilah/Weni Anggraini, yang harus mengakui keunggulan pasangan Prancis, Ronan Labar/Audrey Fontaine, di putaran pertama dengan skor 13-21, 21-11, 25-27.

"Di gim pertama kami belum enak mainnya, beda dengan gim kedua dan ketiga. Waktu poin-poin kritis kami terlalu terburu-buru ingin mematikan lawan. Selain itu ada masalah non teknis dimana kami baru tiba Minggu siang dan jet lag luar biasa, belum lagi koper kami terlambat datang, sedangkan semua peralatan main ada di koper. Sampai saat ini belum datang juga kopernya, untung Cik Imelda Wiguna mengontak pihak Yonex di sini, cuma karena barang baru semua, jadi masih terasa kaku," ujar Irfan.

"Tetapi ini tidak bisa kami jadikan sebagai alasan kekalahan kami, memang begini keadaannya, kami harus mengambil pelajaran dari kejadian ini," katanya menambahkan.

Atas hasil ini, keempat wakil Indonesia tersebut berhasil mengamankan tiket putaran kedua Kejuaraan Dunia bulu tangkis 2017.

Sementara itu wakil Indonesia lainnya mendapat bye di putaran pertama dan mulai bertanding Selasa (22/8) petang WIB.

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2017