Minggu, 24 September 2017

Stok garam di Bangka kosong

| 1.544 Views
Stok garam di Bangka kosong
Garam (ANTARA FOTO/Ardiansyah)
Pangkalpinang (ANTARA News) - Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyatakan stok garam konsumsi dan industri di gudang distributor kembali kosong karena tingginya permintaan masyarakat.

"Kami meminta distributor untuk segera kembali memasok garam untuk memenuhi kebutuhan masyarakat menyambut Hari Raya Idul Adha," kata Kepala Bidang Perdagangan Disperindag Kepulauan Babel Riza Aryani di Pangkalpinang, Selasa.

Ia menjelaskan stok garam konsumsi pekan lalu di gudang distributor di Pulau Bangka tercatat 400 ton dan garam untuk kebutuhan industri 600 ton.

Sementara stok garam konsumsi di gudang distributor Pulau Belitung pada pekan lalu sebanyak 150 ton dan industri sebanyak 350 ton.

"Saat ini stok garam di gudang distributor tersebut sudah habis, sehingga dapat mengakibatkan kelangkaan di masyarakat," ujarnya.

Menurut Riza, permintaan garam konsumsi dan usaha ikan asin yang tinggi tersebut berdampak langsung terhadap kenaikan harga komoditas tersebut.

"Kita cukup sulit mengendalikan harga garam ini, karena ketersediaan garam kurang tidak sebanding dengan permintaan yang tinggi," ujarnya.

Namun demikian, kata dia pihaknya terus mengintensifkan pengawasan distribusi garam ini. Jangan sampai ada praktik penimbunan yang mengakibatkan kelangkaan dan keresahan masyarakat.

"Kami bersama Satgas Pangan terus mengawasi stok dan harga garam ini di gudang distributor, pasar tradisional dan pedagang eceran, sebagai antisipasi kelangkaan kebutuhan pokok tersebut," ujarnya.

Editor: Suryanto

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Berita Lainnya
Komentar Pembaca
Baca Juga