Kuala Lumpur (ANTARA News) - Tim bulutangkis putra Indonesia melangkah ke semifinal setelah tampil gemilang menghadapi Kamboja di babak perempat final SEA Games 2017 di Axiata Arema Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Malaysia, Selasa.

Jonatan Christie dan kawan-kawan mampu mengalahkan Kamboja dengan skor 3-0, setelah pebulu tangkis yang akrab dipanggil Jojo itu, mampu membuka kemenangan atas Chanmara Tep dengan skor 21-13 dan 21-13. 

Pada pertandingan kedua giliran Ihsan Maulana Mustofa yang sukses menghentikan laju Cheng Phrrom dengan skor 21-5 dan 21-3. Kondisi ini membuat kedudukan menjadi 2-0 untuk Indonesia.

Lolosnya Indonesia ke semifinal seperti tim putri ditentukan oleh tunggal ketiga yaitu Firman Abdul Kholik. Pada pertandingan penentuan itu, Firman mengalahkan Sopheaktra Leng dengan skor 21-5 dan 21-6.

Hasil yang diraih oleh Jonatan Christie dan kawan-kawan ternyata telah sesuai dengan prediksi oleh manajer tim bulu tangkis Indonesia, Susy Susanti. Mantan ratu bulu tangkis itu, melihat tim Indonesia memang masih di atas lawan.

"Memang kita lebih unggul. Namun, sebelum bertanding kami sudah menekankan kepada atlet untuk fokus dan jangan anggap remeh lawan," kata Susy Susanti.

Menurut dia, pertandingan melawan Kamboja bisa dikatakan sebagai pemanasan sebelum bertanding di semifinal untuk menghadapi Thailand yang secara kualitas lebih baik daripada Kamboja.

"Besok, Rabu (23/8) kami akan berhadapan dengan Thailand yang tidak bisa dibilang mudah. Yang jelas hari ini para pemain tampil cukup baik. Semoga mereka terus dalam kondisi terbaik," kata peraih emas Olimpiade 1992 itu.

Thailand lolos ke semifinal setelah mengalahkan Vietnam dengan skor yang sama yaitu 3-0. Pebulu tangkis asal "Negeri Gajah Putih" itu, saat ini mulai menunjukkan kemampuan terbaik dan untuk itu harus diwaspadai oleh tim Indonesia. 

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2017