Rabu, 20 September 2017

Delegasi Indonesia ikuti KTT Pemuda ASEAN-India

| 1.781 Views
Delegasi Indonesia ikuti KTT Pemuda ASEAN-India
Arto Suryodipuro (kanan) (FOTO ANTARA/Benny S Butarbutar) ()
Jakarta (ANTARA News) - Indonesia telah mengirim delegasi untuk mengikuti pertemuan tingkat tinggi Pemuda India-ASEAN yang diselenggarakan pada 14-19 Agustus oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga dan Kementerian Urusan Luar Negeri India guna merayakan 25 tahun kerja sama regional ASEAN dan India.

Keterangan yang diperoleh Antara dari KBRI New Delhi menyebutkan, lebih dari 100 peserta dari 10 negara ASEAN selain India mengikuti kegiatan yang bertema "Shared Values, Common Destiny" tersebut dan dilaksanakan oleh India Foundation sebagai bentuk peringatan kerja sama semua aspek, termasuk hubungan antarindividu yang telah terjalin dengan baik.

Wakil pemuda Indonesia pada kegiatan tersebut ialah Anjasmara Prasetya (aktor dan pelatih yoga), Ratih Kumala (penulis), Heni Sri Sundani (pekerja sosial/AgroEdu), Iqbal Hariadi Putra (Kitabisa Foundation), Sebastian Partogi (wartawan Jakarta Post), Lailatunnazhifah (pekerja sosial/Komunitas Kebijakan Luar Negeri, Indonesia), Dana Paramita (blogger dan anchor SCTV), Uncul Maulana Yusup (Mahasiswa UNPAS), Danny Maulana Ridwan (Mahasiswa IPB), dan Azila Pramaningtyas Utami (Mahasiswa UGM).

Delegasi Indonesia pada kesempatan tersebut memaparkan profil negara khususnya terkait perkembangan ekonomi, sosial dan budaya. Terdapat pula kegiatan lainya seperti diskusi dan kegiatan di luar ruang seperti olahraga dan pengenalan budaya. India Foundation juga menyediakan satu pavilion khusus untuk penampilan budaya Indonesia.

Duta Besar RI untuk India, Arto Suryodipuro yang hadir pada acara penutupan memenuhi undangan Kemlu India berkesempatan bertemu dengan delegasi Indonesia dan berpesan agar mereka dapat semaksimal mungkin memanfaatkan kesempatan tersebut dengan membangun jejaring dan berbagi pengalaman agar dapat memberikan kontribusi yang signifikan bagi kemajuan kerja sama dan pembangunan Indonesia di masa mendatang.

India-ASEAN Youth Summit mengandung aspek yang luas dari pendekatan kebijakan luar negeri India terhadap negara-negara ASEAN, yang sejalan dengan kebijakan Act East policy dengan tujuan untuk meningkatkan keterlibatan India dengan ASEAN dan kawasan Asia Pasifik atau Indo-Pasifik untuk lingkup kerja sama yang lebih luas.

(T.M016/A011)

Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Berita Lainnya
Komentar Pembaca
Baca Juga