anda Aceh (ANTARA News) - Sebanyak 2.504 orang jamaah haji asal Provinsi Aceh telah tiba di Makkah, Arab Saudi, untuk menjalankan rukun Islam kelima di Tanah Suci.

"Hingga hari ini, 2.504 JCH Aceh sudah di Makkah. Mereka menunggu bermalan di Mina diperkirakan jatuh pada Rabu, (30/8)," papar Koordinator Humas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji Embarkasi Aceh, Rusli di Banda Aceh, Selasa.

Dia merinci, dari total jamaah Aceh itu 1.008 orang diantaranya laki-laki, dan 1.496 orang perempuan yang tinggal dipemondokan paling jauh berjarak empat kilometer dari Masjidil Haram.

Mereka dilaporkan dalam kondisi sehat, dan masih menjalankan aktifitas ibadah sehari-hari baik yang sunah maupun wajib di Masjidil Haram secara sempurna.

Namun petugas haji tetap mengingatkan, agar jamaah tetap sering mengkonsumsi air putih dan memperbanyak mengkonsumsi buah-buahan sebelum pelaksanaan puncak haji.

"Kita dapat laporan, saat ini suhu udara di Makkah rata-rata mencapai 47 sampai 50 derajat Celcius. Kami khawatir kondisi mereka turun sebelum bermalam di Mina," terangnya.

Seperti diketahui, Mina merupakan tempat peristirahatan bagi jamaah sebelum wukuf di Arafah. Para jamaah akan mendatangi Mina, dan bermalam di dalam tenda-tenda pada tanggal 9, 11, dan 12 Dzulhijah.

"Setelah salat Subuh 9 Dzulhijah, jutaan jamaah haji beramai-ramai berjalan kaki menuju Padang Arafah untuk melakukan inti haji, yaitu wukuf," ucapnya.

"Jamaah calon haji kembali mendatangi lagi Mina, setelah selesai melaksanakan wukuf di Arafah," jelas Rusli.

Data PPIH Embarkasi Aceh tahun ini akan memberangkatkan 4.473 orang jamaah ke Tanah Suci dari Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda, Blang Bintang di Kabupaten Aceh Besar.

Ke-4.473 orang JCH itu terdiri 4.357 JCH asal Aceh, 34 tim pemandu haji daerah dan tim kesehatan haji daerah, 26 JCH mutasi dari luar provinsi, dan 56 orang petugas kloter.

Pewarta: Muhammad Said
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2017