Medan (ANTARA News) - Pemerintah Provinsi dan pengusaha asal Satun Thailand menjajaki kerja sama perdagangan makanan olahan dengan Sumut.

Wakil Gubernur Satun, Sr Col Arthit Aroomchoot di Medan, Selasa, mengatakan, pihaknya ingin menjajaki potensi pasar berbagai produk makanan olahan di Sumut.

"Kami ingin melihat langsung potensi dan bertemu pengusaha produk makanan olahan di Sumut untuk.menjajaki kerja sama," katanya.

Dia menuturkan, Satun berharap, produk makanan olahan provinsi itu bisa dipasarkan di Sumut dan sebaliknya produk Sumut bisa masuk ke Satun.

Sr Col Arthit Aroomchoot menegaskan, pengusaha di provinsi itu sudah sebagian besar memproduksi dan memiliki sertifikat halal sehingga tidak ada masalah untuk dipasarkan di Sumut.

"Selain kerja sama dagang, Satun berharap bisa bekerja sama di sektor pariwisata dengan Sumut," katanga.

Gubernur Sumut HT Erry Nuradi menyambut gembira dan mendukung penuh upaya peningkatan hubungan perdagangan antara Sumut dan Provinsi Satun Thailand.

"Potensi Sumut dan Satun sama -sama cukup besar untuk membina hubungan perdagangan dan pariwsata yang saling menguntungkan," katanya.

Memurut dia, jarak yang dekat antara Sumut dan Satun juga memungkinkan untuk membuka jalur pelayaran Ro-Ro atau kapal yang bisa memuat kendaraan antara pelabuhan Belawan-Pelabuhan Tamalang di Satun.

"Konektivitas itu akan memberikan peluang besar bagi Sumut dan Satun dalam meningkatkan hubungan perdagangan dan pariwisata," ujar Erry.

Pewarta: Evalisa Siregar
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2017