Abuja, Nigeria, (ANTARA News) - Kantor Presiden Nigeria Muhammadu Buhari dihuni hewan pengerat selama ia libur panjang untuk keperluan medis di London, kata kantor kepresidenan.

Buhari, yang kembali mengemban tugas pada Senin (21/8), sementara bekerja di kantor di kediaman resminya selama menunggu diselesaikannya pekerjaan perbaikan di kantor rutin presiden, kata tim medianya pada Selasa.

"Setelah tiga bulan kantor presiden tak digunakan, hewan pengerat telah mengakibatkan banyak kerusakan pada furnitur dan unit penyejuk udara," kata Garba Shehu, asisten senior komunikasi di kantor kepresidenan, kepada harian lokal ThisDay.

Shehu mengatakan perusahaan pemeliharaan mempercepat langkah pekerjaannya untuk memungkinkan Buhari beroperasi dari kantor rutinnya.

Pengumuman itu disambut oleh beragam reaksi. Banyak anggota masyarakat mengatakan renovasi tersebut mesti selesai sebelum kedatangannya dari perjalanan berobat selama 104 hari ke luar negeri.

Kantor Buhari di kediaman resminya adalah replika dari kantor rutinnya, di dalam kompleks yang sama.

Femi Adesina, Juru Bicara Utama Presiden, mengkonfirmasi pemimpin yang berusia 74 tahun tersebut telah bertemu dengan wakil presidennya pada Senin, ketika wakil presiden memberi penjelasan atasannya mengenai perkembangan utama saat ia tak bertugas.

Buhari juga bertemu dengan kepala keamanan nasional negeri itu di dalam kantor di kediamannya pada Selasa, kata Adesina. Ia menambahkan keputusan tersebut bukan dimaksudkan untuk memberi kemewahan kepada presiden di rumahnya.

Presiden Nigeria terbang ke luar negara Afrika Barat pada 7 Mei, untuk libur berobat, dan disambut meriah setibanya di Abuja pada Sabtu lalu.

(Uu.C003)

Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2017