Jakarta (ANTARA News) - Cleveland Cavaliers dilaporkan menyetujui kesepakatan pertukaran untuk mengirimkan Kyrie Irving ke Boston Celtics dan mendapatkan Isaiah Thomas berpindah ke arah sebaliknya.

Selain mengirimkan Thomas, Celtics juga menyertakan Jae Crowder, Ante Zizic dan hak pilih putaran pertama NBA Draft 2018 yang didapatkan dari Brooklyn Nets, kepada Cavaliers, demikian dilaporkan oleh program The Vertical dari Yahoo Sports, Rabu pagi WIB.

Demi memuluskan kesepakatan yang memang diidamkannya --yakni meninggalkan Cavaliers-- Irving bahkan sukarela menanggalkan klausa bonus pertukaran yang tercantum di kontraknya.

Irving sejak pertengahan Juli lalu meminta pihak Cavaliers untuk mencarikan kesepakatan pertukaran demi meninggalkan tim tersebut, mendesak jajaran manajemen untuk segera mencari peluang pertukaran yang tepat.

Lewat kesepakatan itu, Cavaliers mendapatkan point guard kualitas tim utama pada Thomas, pemain serbabisa dengan kontrak yang bersahabat pada Crowder serta tentu saja hak pilih putaran pertama NBA Draft 2018 Nets yang menarik.

Sebaliknya,  bagi Celtics kesepakatan itu membuat mereka kemungkinan akan memiliki komposisi starting five berupa Irving, Gordon Hayward, Jaylen Brown, Marcus Morris dan Al Horford, ditambah pilihan ketiga NBA Draft 2017 Jayson Tatum, guard cadangan Marcus Smart serta hak pilih putaran pertama Lakers pada NBA Draft 2018.

Thomas tercatat dua kali masuk ke dalam tim NBA All-Star, serta musim lalu menorehkan musim terbaiknya bersama Celtics dengan rata-rata 28,9 poin dan 5,9 assist per laga, meski harus mengakhiri musim lebih awal akibat cedera tulang panggul pada rangkaian final Wilayah Timur kontra Cavaliers.

Irving memiliki catatan rata-rata 25,2 poin dan 5,8 assist bagi Cavaliers yang tumbang di final NBA di tangan sang juara Golden State Warriors. Ia juga salah satu aktor utama keberhasilan Cavaliers meraih trofi juara pada 2016 silam.

Penerjemah: Gilang Galiartha
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2017