Roma (ANTARA News) - Tiga anak kecil, termasuk bayi yang berusia tujuh-bulan, dikeluarkan dalam keadaan hidup dari reruntuhan di Pulau Ischia di Italia pada Selasa (22/8), setelah gempa mengguncang wilayah tersebut pada Senin.

Dua orang meninggal dan 42 orang lagi cedera akibat gempa itu.

Petugas pertolongan bekerja sepanjang waktu untuk mencapai ketiga anak bersaudara tersebut, dan mampu menyelamatkan saudara termuda pada malam hari.

Bayi lelaki itu tidak mengalami cedera, dan dilaporkan berada dalam kondisi kesehatan bagus.

Anak kedua, yang berusia tujuh tahun, diselamatkan sekitar 16 jam setelah gempa mengguncang. Akhirnya, petugas pertolongan mengeluarkan saudara ketiga, yang berusia 11 tahun, pada Selasa siang waktu setempat.

Ketiga saudara itu termasuk di antara keluarga dengan tujuh anggota, yang masih terjebak di bawah reruntuhan bangunan yang ambruk, kata Xinhua, Rabu siang. Semua anggota keluarga tersebut diselamatkan, termasuk orang tua anak-anak itu.

Gempa mengguncang pada pukul 20.57 waktu setempat pada Senin dengan kedalaman sekitar lima kilometer di lepas pantai Pulau Ischia, yang terletak di Teluk Napoli, kata Lembaga Vulkanologi dan Seismologi Nasional Italia (INGV).

Seorang perempuan yang berusia 59 tahun meninggal karena tertimpa reruntuhan gereja di Kota Praja Casamicciola Terme, kata Lembaga Perlindungan Sipil

Ia adalah warga pulau itu, dan ibu enam anak, kata kantor berita Italia, Ansa.

Korban kedua adalah seorang perempuan yang berusia 65 tahun dari Italia Utara dan sedang berlibur di Pulau Ischia. Mayatnya ditemukan di bawah reruntuhan satu rumah yang ambruk, kata Juru Bicara Departemen Pemadam Luca Cari kepada stasiun TV berita Italia, Sky TG24.

Secara keseluruhan, sebanyak 42 orang cedera akibat gempa itu, kata dinas kesehatan lokal di Napoli di dalam satu pernyataan pada Selasa.

Enam-belas di antara mereka memerlukan perawatan di rumah sakit, dan satu orang dibawa ke Rumah Sakit Cardarelli di Napoli sejak Senin malam karena kondisinya kritis.

Sebanyak 2.000 orang diungsikan dari Casamicciola dan 600 orang dari Lacco Ameno, Kota Praja yang paling parah diguncang gempa di pulau tersebut, kata Kepala Lembaga Perlindungan Sipil Angelo Borrelli dalam satu taklimat.

Sedikitnya 1.051 wisatawan dibawa ke Kota Kecil Pozzuoli pada Selasa petang, dan dibantu oleh Palang Merah Italia.

Kapal feri tambahan dari Napoli telah dikerahkan sejak setelah gempa untuk memungkinkan wisatawan yang ketakutan meninggalkan Pulau Ischia sesegera mungkin, dan membawa tim pertolongan.

Sebagian awak pemadam sudah berada di pulau itu untuk memadamkan kebakaran ketika gempa mengguncang, dan segera turun-tangan, sementara petugas pertolongan tambahan dikirim dari Napoli, kota besar terdekat, dan dari Wilayah Tuscany serta Lazio, kata Kepala Departemen Pemadam Bruno Frattasi.

Pulau Ischi adalah objek wisata yang sangat terkenal di kalangan warga Italia dan orang asing. Pulau tersebut dihuni oleh 20.000 warga, tapi seluruh penduduknya diperkirakan berjumlah 50.000 orang.

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2017