Shanghai (ANTARA News) - Borussia Dortmund menandatangani "kerja sama ekslusif" dengan klub Liga Super China, Shandong Luneng, sebagai langkah klub Bundesliga tersebut memperluas popularitas di negara-negara Asia.

Dortmund membuat dorongan besar untuk memikat para pendukung baru di negara berpopulasi terbanyak di dunia tersebut, dan pada Rabu (23/8) mereka menjalin bekerja sama dengan Shandong, yang dipimpin pelatih veteran asal Jerman, Felix Magath, yang juga mantan pelatih Bayern Muenchen.

Kerja sama ini membuat Dortmund bisa menawarkan keahlian mereka dalam beberapa cara, terutama mengembangkan pemain muda -- klub Jerman itu terkenal menghasilkan pemain-pemain muda berbakat.

Dortmund sudah memainkan laga persahabatan pramusim di China dalam dua musim dan direktur penjualan dan pemasaran, Carsten Cramer mengatakan, "Kami bukan hanya sebuah klub yang memainkan laga persahabatan untuk uang, lalu cepat-cepat pergi dari negara ini."

"Tanpa kemitraan dengan sebuah klub, saya yakin kami tidak dapat mencapai kredibilitas di China," kata Cramer, menurut kantor berita Xinhua, yang mengatakan bahwa kerja sama tersebut akan berlangsung selama lima tahun.

Dortmund, yang memenangi Piala Jerman musim lalu, baru-baru ini juga membuka kantor di Shanghai, demikian AFP.

Penerjemah: Alviansyah
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2017