London (ANTARA News) - Manajer Everton, Ronald Koeman, menilai keputusan Wayne Rooney untuk gantung sepatu dari Timnas Inggris merupakan pilihan terbaik untuk pemain itu, juga sebuah keuntungan bagi Everton karena bisa memaksimalkan kebugaran Rooney di setiap pertandingan klub.

Rooney, yang kembali berseragam Everton dari Manchester United pada Juli, mengakhiri karir 14 tahunnya di Timnas Inggris saat pencetak gol terbanyak sepanjang masa The Three Lions itu mengumumkan pensiun pada Rabu (23/8) kemarin.

Kondisi Rooney yang terus bugar tentunya akan menguntungkan Everton yang menjalani empat kompetisi berbeda. Salah satunya adalah laga Kualifikasi Liga Europa melawan Hajduk Split pada malam nanti.

"Dia berbicara dengan pelatih tim nasional dan membuat keputusan, karena dia pikir ini adalah yang terbaik untuk Everton," kata Koeman kepada wartawan dilansir dari Reuters, Kamis. "Itu keputusan pemain dan tentu saja saya menghormatinya."

"Jika Anda mencapai babak penyisihan grup Liga Europa dan bertugas di timnas, maka itu adalah program yang sangat sulit," kata Koeman.

"Kebugarannya benar-benar bagus saat ini ... Saya pikir ini adalah keputusan yang bagus untuknya dan keputusan yang bagus untuk Everton, artinya saat pertandingan internasional datang, dia punya beberapa waktu di rumah bersama keluarganya," sambung Koeman.

Koeman yang pernah tampil 78 kali untuk Timnas Belanda, juga mengatakan ia tidak mempengaruhi keputusan Rooney untuk pensiun.

Setelah pertandingan Liga Europa, Everton akan melawan Chelsea pada Minggu.

Pewarta: Alviansyah
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2017