Saya senang bisa mencetak gol. Gol ini saya persembahkan untuk masyarakat Indonesia,"
Kuala Lumpur (ANTARA News) - Pemain naturalisasi Ezra Walian akhirnya mampu membikin gol bersama timnas Indonesia setelah membuat gol pembuka pada pertandingan SEA Games 2017 Grup B melawan Kamboja di Stadion Shah Alam, Selangor, Malaysia, Kamis.

Gol perdana pemain keturunan Indonesia-Belanda tercipta pada menit 56 atau tiga menit setelah masuk untuk menggantikan Ricky Fadjrin yang ditarik keluar oleh pelatih Luis Milla.

Proses untuk menciptakan gol pembuka bagi timnas Merah Putih ini terbilang cukup susah karena diawali dengan kemelut didepan gawang Kamboja yang dikawal oleh Keo Soksela. Pemain dengan nomor punggung 10 itu mampu melesatkan bola yang tidak dijangkau kiper lawan.

Penampilan Ezra bersama timnas di SEA Games bukan yang pertama. Sebelum melawan Kamboja, mantan pemain Jong Ajax ini juga dimainkan saat timnas menghadapi Thailand, Filipina maupun Timor Leste.

Hanya saja, pemain berusia 20 tahun ini belum bisa tampil maksimal. Apalagi Ezra juga terlambat gabung dengan Evan Dimas dan kawan-kawan saat menjalani pemusatan latihan sebelum tampil di kejuaraan dua tahunan ini.

"Saya senang bisa mencetak gol. Gol ini saya persembahkan untuk masyarakat Indonesia," kata Ezra saat ditemui saat mau masuk bus yang akan mengantarnya pulang ke hotel dengan singkat.

Gol Ezra benar-benar menjadi penyemangat bagi pemain lainnya. Terbukti permainan timnas di babak kedua jauh lebih baik dibandingkan babak pertama. Koordinasi antar lini mulai berjalan sehingga lebih banyak peluang untuk menciptakan gol tambahan.

Febri Haryadi akhirnya mampu menambah keunggulan timnas Garuda pada menit 70. Keunggulan 2-0 itu bertahan hingga pertandingan usai. Hasil ini membawa timnas lolos ke babak semifinal dengan posisi sebagai runner up Grup B dengan nilai 11.

Untuk posisi juara grup direbut oleh Thailand setelah pada pertandingan penentuan mengalahkan Vietnam dengan skor telak 3-0. Timnas Negeri Gajah Putih ini lolos setelah mengemas 13 poin. Sedangkan Vietnam tertahan diposisi tiga dengan 10 poin.

(Baca: SEA Games 2017 - Timnas U-22 Indonesia melaju ke semifinal)

(Baca juga: Sea Games 2017 - Luis Milla minta timnas nikmati semifinal)

Pewarta: Bayu K
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2017