Rabu, 20 September 2017

"Pesona Parahyangan 2017" libatkan 2.500 peserta dari budaya 13 provinsi

| 4.750 Views
Dokumentasi--Karnaval Pesona Danau Toba. Penari menampilkan Tor-Tor Cawan pada Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba (KKPDT) di Balige, Tobasa, Sumatera Utara, Minggu (21/8/2016). Karnaval yang menampilkan atraksi budaya dari 26 provinsi di Indonesia tersebut mengangkat tema "Budaya Menyatukan Perbedaan". (ANTARA FOTO/Irsan Mulyadi)
Bandung (ANTARA News) - Karnaval Kemerdekaan yang bertajuk "Pesona Parahyangan 2017" di Kota Bandung, Jawa Barat, akan melibatkan 2.500 peserta dari berbagai wilayah di Indonesia pada Sabtu (26/8).

"2.500 peserta ini berasal dari perwakilan budaya 13 provinsi, 20 kabupaten/kota di Jawa Barat, 43 komunitas, serta perwakilan dari berbagai daerah," ujar Humas Karnaval Kemerdekaan Catharina Widyasrini di Bandung, Jumat.

Ia mengatakan, karnaval kemerdekaan ini menjadi tradisi penutup perayaan puncak hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia yang sudah digelar sejak 2015.

Untuk tahun 2017, Kota Bandung dipilih sebagai tuan rumah penyelenggaraan karnaval kemerdekaan, dengan menampilkan berbagai budaya khas di Indonesia.

"Di tahun 2015 perayaan bertajuk karnaval khatulistiwa digelar di Pontianak, dilanjutkan dengan karnaval kemerdekaan pesona Danau Toba di Parapat dan Balige Sumatera Utara," kata dia.

Sementara itu, kurator karnaval Aat Suratin mengatakan acara ini tidak hanya melibatkan tokoh-tokoh seniman dan budayawan Jawa Barat. Juga akan melibatkan seniman dari berbagai daerah lainnya.

"Semua yang ditampilkan di karnaval ini menggambarkan semangat kerja bersama, mulai dari peserta karnaval yang akan menampilkan seni tradisional dan kontemporer. Hingga kendaraan yang akan dinaiki oleh presiden," katanya.

Rangkaian kegiatan karnaval di Bandung akan dimulai pukul 14.00 WIB dengan panjang lintasan hingga 3,8 kilometer. Rute sendiri akan mulai dari depan Gedung Sate, menuju Jalan Ir. H. Djuanda (Dago), Jalan Merdeka menuju Taman Vanda. Di Taman Vanda, Joko Widodo bersama ibu negara akan menyaksikan rangkaian karnaval.

Editor: Tasrief Tarmizi

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Berita Lainnya
Komentar Pembaca
Baca Juga